Gebyar PAUD Kabupaten Buleleng,  Bangun Karakter dan Kreatifitas Seni Anak Usia Dini

6

Singaraja (Bisnis Bali)  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Buleleng menggelar Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) di Kawasan Taman Kota Singaraja, Jumat (14 /9) pagi. Gebyar PAUD tahun ini dibuka Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, dengan Pemukulan Gong didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd.

Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, Nyonya Aries Suradnyana mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang penampilan kreativitas seni anak-anak PAUD dalam mengasah kecerdasan daya pikir dan daya cipta.

“Kegiatan ini adalah salah satu wujud untuk membentuk mental anak agar lebih percaya diri, dan dapat menumbuhkembangkan bakat mereka. Dengan demikian kegiatan ini sangat bagus dilaksanakan,” ucapnya.

Pihaknya juga mengajak lapisan masyarakat dapat ikut serta memajukan PAUD di Kabupaten Buleleng.  Kkepada seluruh bunda PAUD tingkat kecamatan, desa/kelurahan di Kabupaten Buleleng agar menjadi lokomotif dalam mewujudkan PAUD yang lebih baik.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Buleleng, Drs, Gede Suyasa, M.Pd mengatakan, sebanyak 770 peserta mengikuti Gebyar PAUD ini. Peserta tersebar dari 9 kecamatan di Kabupaten Buleleng dan mengikuti berbagai lomba seperti lomba karya nyata, lomba celoteh anak, lomba fashion show, lomba menggambar, lomba baleganjur, senam dan gemar makan ikan, lomba memindahkan bola, dan lomba karnaval serta dimeriahkan marching band TK Negeri Kampung Baru.

Gede Suyasa juga mengatakan, kegiatan yang mengambil Tema “Membangun Karakter Anak Usia Dini Menuju Generasi Cerdas dan Berintergritas”, bertujuan menciptakan anak dan pendidik PAUD yang bermutu, kreatif dengan orientasi meningkatkan mutu Pendidikan PAUD serta membentuk mental agar lebih percaya Diri .

“Kegiatan ini tujuannya salah satunya  untuk meningkatkan kemampuan dasar anak untuk memasuki jenjang yang lebih tinggi serta merangsang daya seni , kreatifitas anak sejak usia dini,“ tandasnya. (ira)