Mangupura (Bisnis Bali) – Decoupage bisa menjadi salah satu pilihan berbisnis yang masih menjanjikan hingga saat ini. Kreasi decoupage makin kreatif, tinggal bagaimana seni pengrajinnya dalam mengaplikasikannya di atas media yang diinginkan.

“Banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk seni decoupage ini, tidak hanya dompet, tas atau aksesoris wanita. Dengan kreativitas juga bisa dilakukan menggunakan keben atau tempat haturan ke pura, tempat bunga atau kuangen, serta perlengkapan sembahyang lainnya,” ungkap owner Indra colection Sibang Badung, Indra Maritin.

Saat ini yang sedang banyak diminati konsumen, set decoupage di keben, tempat kuangen, dan tas.

“Semua di buat satu set motifnya jadi akan tampak cantik saat ke pura. Motif juga bisa dipesan sesuai selera konsumen, mulai dari motif bunga berbagai jenis dan warna, motif binatang atau tokoh pewayangan. Semua bisa disesuaikan,” imbuh Indra Maritin.

Menekuni usaha kreatif decoupage ini, bukanlah kegiatan utama ibu dua anak ini. Seni decoupage ini hanya hoby sampingan yang dijalankan dengan serius sehingga bisa menciptakan ekonomi kreatif.

“Lumayanlah penat dengan pekerjaan utama bisa refresh dengan hoby yang juga mendatangkan hasil. Dan ternyata respon masyarakat bagus sekali, setiap kreasi decoupage yang on proses sudah ada yang meminang,” ujarnya.

Harga kreasi decoupage ini juga beragam mulai Rp50 ribu sampai Rp500 ribuan, tergantung media serta kesulitan aplikasi motifnya. Tapi untuk kualitas media temple, Indra colection selalu menggunakan media yang berkualitas baik sehingga hasil tempel decoupage akan terlihat cantik dan sesuai. (ita)