Denpasar (Bisnis Bali) – Harga emas yang terus naik yang mencapai Rp673 ribu per gram hari ini, Kamis (13/9), merupakan momen tepat untuk meningkatkan investasi. Tak hanya membeli emas baru tapi juga menularkannya dengan uang sehingga berpeluang mendapatkan keuntungan. Demikian Owner Sinar Mulia, Haryanto, menyikapi kenaikan dolar yang berpengaruh pada investasi logam mulia ini.

Menurutnya, investasi perhiasan emas khususnya, sangat prospektif karena selain mudah diuangkan tapi juga memiliki daya tarik, kendati itu dalam wujud perhiasan bekas. Nilai purna jualnya tetap tinggi karena pada umumnya emas dengan motif simpel dibuat dengan kualitas tinggi. Menggunakan material 91 persen atau kadar 23 karat juga teknik desain dan motif yang canggih. Ada yang memanfaatkan cetakan, ada juga dimotif manual.

Untuk memanfaatkan situasi saat ini konsumen yang memiliki investasi dalam jumlah banyak memang ada baiknya mengambil langkah strategis yakni menjual produk investasi untuk mendapatkan untung.

“Perhiasan emas memiliki daya saing tersendiri karena purna jualnya prospektif,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan produsen perhiasan emas Sari Murni, Agung Gede. Investasi perhiasan emas fluktuatif. Ketika komponen ekternal seperti dolar naik akan mempengaruhi harga emas juga. Kepekaan konsumen berinvestasi memberi peluang meningkatkan keuntungan. Terutama dalam bentuk perhiasan emas Bali yang diminati pasar domestik dan mancanegara.

Emas sudah dipercaya sebagai sarana investasi menjanjikan sejak dulu sehingga akan tetap dipilih masyarakat. Tantangan produsen yakni meningkatkan daya tarik desain dan motif sehingga minat beli makin meningkat.

Harga emas cenderung terus naik dan kecil kemungkinan turun. Karena itu bisnis ini bisa menjadi orientasi para investor meningkatkan jumlah pembelian untuk bisa ditukar kembali dengan nilai tinggi tentunya.

Perhiasan emas dengan berbagai desain dan motif tradisional Bali merupakan keunggulan bersaing dalam pasar bebas. Produsen diharapkan tetap komitmen menjaga kualitas material dengan begitu kepercayaan pasar dapat tetap dipertahankan. (gun)