Kepala LPD Desa Pakraman Tembau,I Made Sujana

Denpasar (Bisnis Bali) – Menjaga kelestarian adat dan budaya merupakan salah satu misi dari keberadaan LPD. Sebagian besar LPD sudah melaksanakannya seperti LPD Desa Pakraman Tembau yang selalu berpartisipasi dalam kegiatan adat dan budaya masyarakat.

Kepala LPD Desa Pakraman Tembau, I Made Sujana, saat ditemui, Kamis (13/9), mengatakan, partisipasi tersebut seperti memfasilitasi upacara Meprani tiap tahun. Dalam upacara yang dilakukan menjelang Hari Raya Nyepi tersebut, LPD Desa Pakraman Tembau memberikan dana untuk keperluan ulam prani dengan besaran mencapai Rp3,5 juta per banjar.

Selain itu, LPD Desa Pakraman Tembau juga secara rutin memberikan insentif kepada pemangku dan prajuru adat yang bekerjasama dengan desa dinas setempat. Hal ini dilakukan guna memberi perhatian kepada prajuru adat atas kerja kerasnya selama ini mengayomi masyarakat.

“Disamping itu, seperangkat busana juga rutin kami berikan, baik kepada pemangku hingga prajuru adat lainnya,” ungkap Sujana.

Dalam dunia pendidikan, LPD Tembau juga memberikan kontribusinya, terutama kepada anak-anak yang meraih prestasi dalam kegiatan utsawa dharma gita. Kontribusi yang diberikan berupa dana motivasi terhadap prestasi yang telah didapat.

“Kami ingin kelestarian budaya itu tetap terjaga. Melalui kegiatan seperti ini tentunya mampu memberi motivasi kepada anak-anak, baik yang sudah mengikuti lomba untuk terus berkomptensi ataupun kepada anak-anak yang lain agar termotivasi untuk belajar,” ujarnya.

Pada tahun ini, LPD Desa Pakraman Tembau telah menempati gedung baru yang mendukung lebih optimalnya pelayanan kepada masyarakat. Sujana berharap, dukungan masyarakat kian meningkat yang akan memberi pengaruh terhadap pengembangan LPD kedepan. (wid)