Sisa Pertanian jadi Pakan Alternatif

1511

Singaraja (Bisnis Bali) – Penggunaan pakan ternak alternatif saat ini sudah banyak dilakukan para peternak, karena selain proses pembuatannya mudah, juga sangat ekonomis. Pakan ternak alternatif ini dapat diperoleh dengan memanfaatkan sisa hasil pertanian, juga perkebunan yang ada di sekitar kita.

Hal itu dikarenakan jumlah ketersediaan pakan yang makin menipis dan akibat makin sempitnya lahan pertanian.  Di Simantri 551 Desa Penarungan Singaraja, selain rumput peternak juga memanfaatkan tanaman bunga matahari sebagai pakan ternak alternatif.  Daun dan batang bunga matahari yang boleh diberikan kepada ternak sapi adalah yang sudah tua dan layu.

“Kebetulan kami membudidayakan bunga matahari untuk objek wisata, sampah tanaman bunga ini kita manfaatkan untuk pakan ternak,” ungkap Dr. Gede Setiawan Adi Putra, S.P,M.Si belum lama ini.

Mengingat cara bertani secara tradisional saat ini yang kian ditinggalkan dan beralih fungsi, sebagai petani ternak  ia mulai berinovasi dalam pemberian pakan. Yang terpenting sebagai petani ternak mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat dalam bahan pakan alternatif belum banyak diketahui fungsinya. (ira)