PROGRAM pengabdian masyarakat ini dilaksanakan tim pelaksana pengabdian Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar yang diketuai I Gede Cahyadi Putra, SE., M.Si., Ak., CA dengan anggota Dr. I Wayan Gde Wiryawan, SE., MH, I Gusti Agung Ayu Istri Lestari, ST., MT dan I Gusti Bagus Ngurah Gunadi, SE., MM. Program ini merupakan hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Riset Dikti dengan Skim Program Pengembangan Produk Ekspor (PPPE).

Pengabdian ini merupakan pelaksanaan tahun kedua dari tiga tahun pelaksanaan yang direncanakan. Pengabdian dilaksanakan pada dua Usaha kecil menengah (UKM) yang bergerak dalam bidang usaha pembuatan lilin aromaterapi yaitu UKM Bali Star Candle di Desa Suwat dan UKM Bali Ayu di Desa Keramas, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

Kontribusi mendasar program ini adalah meningkatkan kapasitas produksi, pengelolaan manajemen keuangan dan pelaporan yang sesuai dengan standar, peningkatan pemasaran melalui media sosial. Metode yang diterapkan untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang dibutuhkan UKM, dengan melakukan pembinaan dan pendampingan dengan meletakkan UKM pada posisi sains, teknologi, ekonomis yang berskala global.

Pembinaan dilakukan dengan memberikan pemahaman teoritis dan pendampingan praktek langsung dilapangan. Hasil kegiatan pada bidang produksi, yaitu: pembenahan ruang produksi pada UKM Bali Ayu dan pembangunan pagar pembatas pabrik pada UKM Bali Star, pembuatan standar kualitas produk, pelatihan desain label dan pengkemasan produk.

 Pada bidang manajemen, kegiatan yang telah dilaksanakan adalah perancangan, pelatihan dan pendampingan pembuatan laporan keuangan berbasis komputer, pengurusan ijin-ijin usaha,  mengikuti workshop, bimtek dan seminar, mengikuti pameran dagang, pembuatan neonbox, pembuatan website, katalog produk dan brosuruntuk sarana promosi.

Kegiatan memberi dampak yang cukup besar terhadap kualitas produk dan produktivitas kerja UKM serta memberikan manfaat yang tampak langsung yaitu adanya motivasi dan semangat yang tinggi dari pengelola UMKM. Kegiatan ini juga untuk memajukan usaha sehingga menjadi UKM yang mampu memproduksi lilin aromaterapi yang lebih diterima secara nasional dan internasional. Sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan produksi, kualitas dan omzet masing-masing UKM serta mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja.

Penulis : I Gede Cahyadi Putra, SE., M.Si., Ak., CA