Ginyar (Bisnis Bali) – Poin penuh kembali diraih Bali United FC (BUFC). Kemenangan 3-2 atas Persela di pertandingan ke-21 Liga 1 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar hari Selasa (11/9) sore sekaligus meneruskan tren positif Serdadu Tridatu yang selalu mengemas poin penuh di empat laganya, sejak putaran kedua bergulir. Istimewanya lagi, kemenangan ini sekaligus menjadi kado indah bagi hari ulang tahun Ilija Spasojevic, striker BUFC yang telah menemukan kembali ketajamannya di lini depan.

Hari ini tepat 31 tahun usia Spaso. Satu gol dicetaknya di laga ini untuk membuka kemenangan tuan rumah saat pertandingan baru berjalan 4 menit.

Tim tamu Persela bukannya tanpa peluang. Mereka bahkan berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-27 lewat sundulan kapten tim Wallace Costa, memanfaatkan umpan matang Diego Assis. Pada menit ke 31, petaka terjadi kepada tim tamu. Dendy Sulistiawan kedapatan wasit menyentuh bola dengan tangan saat menghalau tendangan Melvin Platje di dalam kotak penalti yang membuat wasit menunjuk titik putih. Nick Van Der Velden sukses mengeksekusi penalti dengan baik.

Namun keunggulan ini tak bertahan lama. Sembilan menit kemudian Persela kembali berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan tendangan Fahmi Al Ayyubi untuk mengakhiri babak pertama dengan skor 2-2.

Memasuki babak kedua, tim pelatih Bali United melakukan beberapa pergantian pemain seperti memasukkan Gede Sukadana, Made Andhika Wijaya serta Irfan Bachdim. Serangan-serangan berbahaya pun tetap dilancarkan tim Serdadu Tridatu.

Pada menit ke-55 sontekan Melvin Platje mendapat peluang emas di depan gawang. Sayang sontekannya memanfaatkan umpan Van Der Velden hanya mengenai mistar gawang Persela.

Permainan menyerang tim Serdadu Tridatu membuat barisan pemain belakang Persela Lambongan harus bekerja keras menjaga lini pertahanan. Pada menit ke-66 Nick Van Der Velden dilanggar di dalam kotak pinalti. Melvin Platje yang kali ini menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik dan membuat Bali United kembali unggul 3-2.

Bali United hampir memperbesar keunggulan pada menit 69 melalui tendangan Spasojevic, namun bola kembali mengenai mistar gawang Persela. Sampai dengan laga berakhir, skor 3-2 untuk kemenangan Bali United bertahan sampai akhir laga.

Usai laga, pelatih kepala Bali United Widodo Cahyono Putro mengatakan kemenangan timnya diraih dengan tidak mudah. Namun ia mengapresiasi perjuangan para pemainnya yang tampil sesuai dengan intruksi.

“Secara umum kami memang memenangkan pertandingan dan kami sangat syukuri itu. Tapi harus diakui di babak pertama kami sempat kehilangan sentuhan. Saya rasa ini hal yang wajar karena ini adalah pertandingan pertama usai libur kompetisi. Di babak kedua baru kami mampu mengembangkan permainan,” ujar Coach Widodo.

Sementara Spaso yang hadir dalam sesi post match press conference buka suara terkait kemenangan dan gol yang ia cetak bertepatan pada hari ulang tahunnya.

“Tentu saja saya sangat senang dengan kemenangan hari ini. Memulai lagi pertandingan setelah libur yang cukup lama tentu bukan hal mudah. Fokus saya hari ini bukan karena saya berulang tahun tapi untuk pertandingan dan meraih kemenangan bagi tim,” ujar Spasojevic di situs resmi klub.

“Terima kasih kepada para suporter yang telah menyanyikan lagu ulang tahun untuk saya. Ini hal yang luar biasa di hari spesial saya kali ini,” imbuhnya.

Ia juga berharap kemenangan yang diraih Bali United hari ini menjadi awal dari tren positif di pertandingan selanjutnya. “Ya, tentunya saya berharap kemenangan pada pertandingan hari ini menjadi tren positif untuk pertandingan selanjutnya. Kami ingin terus mampu bersaing di papan atas,” kata Spaso.

Tim Serdadu Tridatu akan melanjutkan perjuangannya di kompetisi Go-Jek Liga 1 2018 dengan bertandang ke markas Barito Putera Banjarmasin pada hari Selasa (18/9) mendatang di Stadion 17 Mei, Banjarmasin. (rah)