Denpasar (Bisnis Bali) – Harga daging ayam potong kembali turun. Setelah sebelumnya di Pasar Badung, harga daging ayam mencapai Rp37.500 per kilogram, beberapa pasar di Kota Denpasar juga sudah mengikuti. Kini daging ayam dijual di kisaran Rp35.000 hingga Rp36.000 per kilogram, setelah sebelumnya cukup lama berada di harga Rp45.000 per kilogram.

Saat dilakukan pantuan di Pasar Kreneng, Denpasar, Rabu (5/9), salah seorang pedagang, Ni Nyoman Sukariasih, mengaku sudah menjual daging ayam dengan harga Rp36.000 per kilogram sejak 3 hari lalu. Setelah harga beli turun, secara otomatis harga ayam yang dijualnya pun turun.

“Penurunan harga terjadi di semua wilayah, yang ketika suduh turun, kami pun ikut menjual dengan harga lebih rendah,” ujarnya.

Harga ini sudah menunjukan harga normal seperti sebelumnya, yang masih memugkinkan turun kembali dibawah Rp35.000 per kilogram. Dia pun mengakui, penjualan sudah ramai, dibandingkan saat harga tinggi mencapai Rp45.000 per kilogram.

Pedagang lainnya, Ni Ketut Kondriani, mengaku harga jual daging ayam saat ini Rp35.000 per kilogram. Turunnya harga sudah terjadi sejak seminggu terakhir. Penjualannya pun mulai membaik dan tiap hari mampu menjual sekitar 20 kilogram.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar per Senin (3/9) lalu, harga daging ayam di sejumlah Pasar di Kota Denpasar serentak turun. Sebelumnya, harga daging ayam di Pasar Pula Kerti, Pasar Agung dan Pasar Kreneng masih diangka Rp38.000-Rp39.000 per kilogram.

Kepala Bidang (Kabid) Metrologi dan Tertib Niaga Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar, Jarot Agung Iswahyudi, mengatakan, Pasar Badung memang pasar tersbesar di Denpasar, sehingga wajar kalau pasokan awal banyak kesana dan berpengaruh fluktuasi harga. Hal ini yang membuat harga daging ayam paling awal turun di Pasar Badung. (wid)