Krim Yoghurt Cerahkan dan Haluskan Kulit Wajah

15

Mangupura (Bisnis Bali) – Kebanyakan orang pasti sudah mengenal yoghurt. Umumnya, susu yang difermentasi bakteri ini dikemas menjadi produk minuman berkhasiat untuk kesehatan, terutama untuk sistem pencernaan. Di balik itu, ternyata yoghurt juga berkhasiat untuk perawatan kulit wajah.

Beauty Advisor salah satu produk kosmetik, Ratna Dindasari mengatakan, untuk perawatan kecantikan, kita tak perlu mengaplikasikan yoghurt secara langsung ke wajah. Kini sudah ada beberapa produk kosmetik yang mengandung yoghurt. Produk-produk tersebut biasanya berbentuk krim dan masker. “Yoghurt umumnya terdapat pada krim malam (night cream/sleeping mask). Gunanya agar yoghurt bisa bekerja lebih maksimal di wajah kita saat tidur,” kata Ratna.

Yoghurt memiliki beberapa manfaat sehingga ditambahkan pada produk kosmetik. Manfaat yoghurt di antaranya melembabkan kulit wajah yang kering karena adanya kandungan lactic acid. Selain lembab, kulit wajah juga terlihat lebih segar alami.

“Krim yang mengandung yoghurt juga dapat mencerahkan dan memutihkan kulit wajah,” imbuhnya.

Selama ini, tak banyak yang tahu yoghurt mampu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Di sisi lain, kandungan zinc di dalam yoghurt dapat menenangkan dan mencerahkan kulit sehingga mampu menyamarkan lingkar hitam di bawah mata.

“Yoghurt juga dapat mencegah timbulnya flek hitam akibat paparan sinar matahari jangka panjang,” ujar wanita berparas ayu ini.

Manfaat lain dari yoghurt untuk mengatasi jerawat dan mencegah penuaan dini (anti aging). Kemampuan yoghurt dapat mengurangi kerutan dan garis-garis halus di area wajah. Yang tak kalah penting, yoghurt juga mampu menghaluskan kulit wajah karena adanya kandungan susu.

“Begitu banyak manfaat yoghurt untuk wajah kita. Pengaplikasiannya sangat mudah, yakni krim dioleskan secara merata pada wajah sebelum tidur atau bisa sebagai masker. Nah, harga krim/masker yoghurt memang tergolong lebih mahal dibandingkan produk biasa. Untuk produk dengan isi 50ml ini harganya kisaran Rp75 ribu,” ujar Ratna sambil menunjuk salah satu merk. (dar)