Denpasar (Bisnis Bali) – Sepatu tak hanya berfungsi sebagai alas kaki dan seolah tidak begitu penting dibandingkan dengan item pakaian lainnya, seperti baju dan celana. Jika kita seorang yang fashionable, sudah tentu pemilihan sepatu menjadi hal penting guna menunjang penampilan agar terlihat modis dan trendi.

Di toko, mall dan distro, kita dengan mudah mendapatkan jenis sepatu yang diinginkan sesuai kebutuhan dan peruntukannya. Bagi anda yang ingin tampil casual dan tidak ribet, sepatu jenis slip on bisa menjadi pilihan pas untuk tampil gaya. Sepatu jenis ini selalu hype tiap saat, baik untuk pria maupun wanita.

Sepatu umumnya menggunakan tali sebagai pengikat agar tidak mudah lepas dari kaki. Sedangkan slip on tidak menggunakan tali. Slip on hampir mirip dengan sepatu loafers. Bentuknya lonjong, namun cenderung lebih lancip dari loafers.

Seorang karyawan distro di Jalan Waturenggong Denpasar, Arik mengatakan slip on cocok digunakan untuk kegiatan dengan mobilitas tinggi karena cara pemakaiannya sangat mudah, yakni tinggal memasukkan kaki ke dalam sepatu.

“Inilah daya tarik setiap orang untuk membeli slip on. Cara pakainya simple, tidak perlu sampai jongkok atau membungkuk saat memakainya. Perawatannya juga mudah,” kata Arik.

Slip-on memiliki model dan corak yang beragam, diantaranya dylon dan dixon. Warnanya pun banyak pilihan, seperti coklat, hitam, biru, hijau, krem dan abu-abu. Bahkan ada pula yang didesain dengan perpaduan dua hingga tiga warna berbeda serta corak yang menarik.

Soal harga, sepatu slip on relatif terjangkau dibandingkan jenis sepatu lainnya seperti sneakers. “Harganya mulai Rp 100 ribu, tergantung model, corak dan bahannya. Tiap hari ada saja yang membeli slip on. Kebanyakan mencari warna hitam, atau bercorak dengan dominasi warna hitam,” sebutnya.

Seorang mahasiswa dari Denpasar, Ardi Mahendra yang ditemui saat memilih sepatu kesukaannya, mengatakan ia sejak dulu menyukai sepatu slip on. “Sejak kemunculan slip on saya membelinya secara online, tapi sekarang sudah banyak tersedia di toko, distro atau mall sehingga semakin mudah mendapatkannya. Sepatu ini sangat nyaman dipakai untuk kuliah dan jalan-jalan,” tandasnya. (dar)