Denpasar (Bisnis Bali) – Maskapai Garuda Indonesia sudah memberikan layanan direct flight rute India ke Bali. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, AA. Gede Yuniartha Putra Minggu (2/9) mengatakan, layanan penerbangan langsung tersebut menyokong penggarapan pasar India ke Bali.

Garuda Indonesia resmi mengoperasikan penerbangan langsung Denpasar- Mumbai April 2018.  Rute tersebut akan beroperasi dua kali dalam satu minggu. Garuda menggunakan pesawat Airbus A330-200 guna melayani rute Denpasar-Mumbai.

Kedatangan wisatawan India ke Bali mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Bali, hingga Juli 2018, jumlah kunjungan wisatawan India ke Bali mencapai 224 ribu wisatawan. Pasar India telah menempati urutan ke-3  setelah Australia.

Ke depan, Yuniartha Putra berharap jumlah penerbangan langsung rute Mumbai-Bali bisa ditingkatkan menjadi 4 kali  seminggu. Pasar India, menurutnya, merupakan pangsa pasar yang potensial bagi Bali. Selain Mumbai, kawasan di India yang juga harus digarap optimal New Delhi-Bali.

Layanan penerbangan langsung dari New Delhi-Bali juga akan makin menggeliatkan pariwisata Bali. Khususnya untuk meningkatkan kunjungan wisman India ke Bali.

Wisman asal India memiliki culture yang mirip dengan Bali sehingga cukup memudahkan penggarapan pasar India. Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Badung sudah  mengadakan sales mission ke New Delhi.

“Ini tentunya kita harapkan penerbangan New Delhi-Bali bisa segera terwujud,” ucapnya. (kup)