PANTAU - Dinas PMD bersama unsur terkait seperti TNI dan Kepolisian, Satpol PP, Kesbangpol meninjau sejumlah desa yang akan melaksanakan Pilkades, Sabtu, (1/9).

Gianyar (Bisnis Bali) – Kabupaten Gianyar melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Minggu (2/9). Untuk memastikan kesiapannya, Kepala Badan Kesatuan, Bangsa, Politik (Kesbangpol) yang juga selaku Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gianyar, Dewa Alit Mudiartha bersama unsur terkait meninjau sejumlah desa yang akan melaksanakan Pilkades, Sabtu, (1/9).

Pilkades serentak tersebut akan digelar di 24 desa di tujuh kecamatan, dengan total jumlah calon kepala desa sebanyak 79 orang. Sedangkan total pemilih 122.782 pemilih. Mereka akan mencoblos  pilihannya di 232 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah disediakan.

Pilkades serentak ini digelar di Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Desa Pejeng Kecamatan Tampaksiring, Desa Mas Kecamatan Ubud,  Desa Puhu Kecamatan Payangan, Desa Kedisan Kecamatan Tegallalang, serta Desa Puhu Kecamatan Payangan.

Dewa Alit Mudiartha mengatakan, dari hasil pantauan, masing-masing desa telah melakukan persiapan yang optimal, baik kotak suara maupuan untuk surat suaranya. Dari hasl pemantauan, sebagian besar persiapan desa melaksanakan  sudah mencapai 90 persen.

Ia juga menekankan panitia betul-betul memantau kondisi di lapangan baik pra maupun pasca pilkades. (kup)