Singaraja (Bisnis Bali)  – Tiga jajaran Direksi Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kabupaten Buleleng periode 2018 – 2023 secara resmi dilantik Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST, di Loby Atiti Wisma Kantor Bupati Buleleng, Jumat (31/8). Ketiga Direksi itu terpilih melalui seleksi Panitia Penerima calon Direksi PD Pasar Kabupaten Buleleng. Mereka juga mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (UKK) yang dipimpin Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP sebagai Ketua Tim Penguji.

Berdasarkan hasil UKK yang telah dikonsultasikan kepada kepala daerah, terpilihlah tiga nama Direksi yakni Made Agus Yudiarsana,SH sebagai Direktur Utama, I Putu Suardhana, SE sebagai Direktur Keuangan, serta Drs. Putu Dana Harta sebagai Direktur Operasional.

Usai melantik, Agus Suradnyana menekankan, pejabat yang baru harus mampu menjabarkan fakta integritas dan harus dipahami oleh seluruh jajaran PD Pasar mulai level atas sampai level bawah.

“Para Pejabat baru ini menurut saya mampu menjalankan semua dengan baik karena mereka sudah melalui seleksi yang ketat dan mampu mendapat nilai tertinggi yang artinya sudah memenuhi kategori kapabilitas,” nilainya.

Selain itu, Suradnyana mengatakan, Direksi PD Pasar harus bisa menjadi entrepreneur yang artinya harus bisa menciptakan inovasi dan lebih kreatif.

“Harapan saya agar di dalam tubuh PD Pasar tidak ada arogansi, dan mampu mengedepankan sosialisasi dengan pendekatan memberikan manfaat kenyaman didalam kondisi pasar,” pintanya.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar yang baru Made Agus Yudiarsana, SH  mengaku siap melaksanakan penekanan yang diberikan Bupati Buleleng. Yudiarsana akan memulai dengan perbaikan  SDM di dalam internal PD Pasar.

Ke depannya PD Pasar berencana menyiasati penyusutan laba. Ia menjelaskan perlu ada perubahan sistem agar PD Pasar tak lagi sebagai penyertaan modal agar penyusutan bisa dikurangi.

“Ke depannya kita akan konsultasikan kepada pihak owner yaitu Pemkab Buleleng agar sistem yang lama diubah. PD Pasar dalam sistem lama diubah menjadi sistem pinjam pakai atau sewa. Hal itu akan kita lakukan sharing pendapat dengan pihak owner,” jelasnya. (ira)