Jpeg

Mangupura (Bisnis Bali) – Manfaat vitamin C sangat dibutuhkan tubuh. Vitamin ini tak bisa diproduksi secara langsung oleh tubuh kita sehingga perlu asupan dari sumber lain. Vitamin C juga dikenal sebagai kandungan yang baik untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah. Di antaranya sebagai pencerah, meningkatkan kadar kolagen, meratakan warna kulit, melindungi kulit dari bahaya radikal bebas (antioksidan), dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya manfaat yang dimiliki, popularitas kandungan yang satu ini pun kian banyak dicari. Hal ini terbukti dari banyaknya produk kecantikan yang menjadikan vitamin C sebagai kandungan utamanya.

Owner House of SamKim Bali, Lutheresia Chicha mengatakan, para wanita harus cerdas dalam memilih kosmetik. Saat ini beredar berbagai jenis produk kosmetik di pasaran, baik yang diproduksi di dalam negeri maupun luar negeri. Produk tersebut seperti bedak (powder), krim, pelembab dan face wash.

“Dalam memilih kosmetik jangan hanya melihat harga, tapi ketahui juga kandungannya dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit kita. Hal ini untuk menghindari efek buruk yang tidak diinginkan”, ungkap Lutheresia.

Kebanyakan wanita menginginkan kulit yang sehat dan cerah, mengingat rata-rata wanita Indonesia memiliki warna kulit sawo matang. Untuk mendapatkan warna kulit wajah yang cerah, kandungan vitamin C yang terdapat di dalam produk kosmetik sangat membantu dan menjadi pilihan.

“Kini banyak wanita memilih produk kosmetik yang mengandung vitamin C. Vitamin C pada kosmetik akan membantu mencerahkan kulit, mencegah penuaan (anti aging) dan mengurangi kerutan,” paparnya.

Sole Distributor SamKim Indonesia & Asean, Rizal Otoluwa menyebutkan bentuk vitamin C yang sering digunakan dalam produk kosmetik adalah Ascorbic Acid (AA). Umumnya ditemukan dalam konsentrasi 5-20 persen.

Meski vitamin C menjadi kebutuhan untuk kulit, tidak lantas harus memilih yang berkonsentrasi tinggi. Ada penelitian membuktikan bahwa konsentrasi 0,6 persen sudah mampu berfungsi sebagai antioksidan dan memberi manfaat anti aging untuk kulit.

“Konsentrasi tinggi hanya digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang benar-benar membandel. Jadi, disesuaikan saja dengan kebutuhan kulit kita,” imbuh Rizal.

Ia mengingatkan setelah menggunakan produk kosmetik yang mengandung vitamin C sebaiknya menunggu beberapa saat sebelum menimpanya dengan produk lain seperti pelembab dan sunblock. Pasalnya, bahan kandungan produk lain bisa memicu oksidasi. Selain itu, vitamin C nya juga tidak aktif jika dilayer sebelum terserap sempurna. (dar)