Singaraja (Bisnis Bali)  – Setelah berlangsung selama 14 hari, Pameran Pembangunan dan Hiburan Rakyat serangkaian peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73 tahun 2018 resmi ditutup. Kegiatan ini menampilkan pameran dari seluruh SKPD yang ada dan juga panggung hiburan rakyat untuk masyarakat Buleleng.

Ajang tahunan ini ditutup secara resmi oleh Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan Setda Buleleng, Made Arya Sukerta, SH.,MH mewakili Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST di Lapangan Bhuana Patra, Singaraja, Senin (27/8) malam.

Pameran pembangunan ini, menurut Made Arya Sukerta, merupakan salah satu sarana penyampaian informasi derap laju dan dinamika pembangunan di Kabupaten Buleleng. Pameran ini diikuti oleh Instansi pemerintah, UMKM dan swasta.

“Pameran pembangunan ini menjadi sarana untuk lebih menginformasikan pembangunan di Buleleng,” ujar Sukerta membaca sambutan Bupati Agus Suradnyana.

Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Buleleng, Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si mengungkapkan, pameran pembangunan ini memberikan pengetahuan dan informasi pembangunan kepada masyarakat. Selain melalui pameran pembangunan, informasi pembangunan kepada masyarakat dilakukan melalui website.

“Oleh karena itu kita selama tiga tahun melakukan pemeringkatan pada pengelolaan sub domain website Pemkab Buleleng,” imbuhnya.

Pada pameran kali ini, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) meraih predikat pengelola website terbaik, disusul RSUD, dan Bagian Layanan Pengadaan.

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd mengapresiasi hasil kerja tim pengelola website sehingga dapat mempertahankan peringkat pertama. Ke depan intensitas penyampaian informasi melalui website akan ditingkatkan dengan manajemen publikasi yang lebih baik.

Penugasan terus dilakukan antara tim operator dan tim lapangan. “Tentunya dua tim ini yang akan berkontribusi terhadap informasi, berita, pengumuman, foto maupun video,” terangnya.

Sementara itu juara lomba penilaian pertamanan kategori SKPD diraih Dinas Pertanian, disusul Bappeda Litbang dan Disdikpora. Di kategori BUMD juara pertama diraih PDAM, dan dilanjutkan PD BPR Buleleng 45 dan PD Swatantra sebagai juara kedua dan ketiga.

Pada kategori Kecamatan juara pertama diraih Kecamatan Kubutambahan, serta Kecamatan Sawan, dan Kecamatan Banjar meraih posisi kedua dan ketiga. Sedangkan kategori Kelurahan peringkat pertama diraih Kelurahan Banjar Tegal, juara dua Kelurahan Penarukan dan juara tiga Kelurahan Kampung Baru. Sementara juara umum disabet PDAM Buleleng. (ira)