Denpasar (Bisnis Bali) – Lobster memang menjadi menu favorit di restoran sea food. Meskipun bentuk dan ukurannya besar juga dibarengi rasa yang gurih serta tekstur daging yang lembut.

Dibalik makanan yang nikmat ini, terkandung beberapa manfaat lobster yang dapat membuat tubuh lebih bertenga, salah satunya memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Hal ini diungkapkan ahli gizi Purnama Dewi.

“Selain rasanya yang jauh lebih enak dibandingkan dengan jenis udang lainnya, lobster juga banyak kandungan gizi dan manfaatnya. Karenanya tidak jarang udang raksasa ini harganya tergolong mahal, dan masuk dalam kategori makanan mewah,” ungkap Purnama Dewi.

Beberapa manfaat lobster untuk kesehatan antara lain :

  1. Penghasil Protein

Meskipun makanan ini masuk dalam kategori hati-hati bagi obesitas, namun bukan berarti tidak berhak mengonsumsinya. Sebab manfaat lobster ini kaya kandungan protein hewani. Sangat dianjurkan untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan untuk mengkonsumsi makanan ini.

  1. Baik untuk Pembentukan Sel Baru

Lobster memang kaya akan kandungan protein dan membantu proses pembentukan sel baru serta mengganti sel yang rusak. Dengan begitu sistem tubuh anda lebih berjalan lancar.

  1. Mencegah Penyakit Kwashiorkor

Lobster juga sangat baik mengatasi penyakit yang berhubungan dengan mal nutrisi, salah satunya kwashiokhor. Biasanya ditandai dengan membuncitnya perut, lalu tangan dan kaki menjadi kurus kering. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya asupan gizi, terutama gizi protein. Untuk itu disarankan bagi penderita kwashiokhor mengkonsumsi makanan ini.

  1. Baik untuk Perkembangan Sel Otak

Manfaat lain adalah mampu menstimulus perkembangan dan pertumbuhan sel otak.

  1. Cepat Mengatasi Memar dan Luka Lebam

Keadaan jatuh, memar dan luka lebam merupakan kejadian yang tidak bisa kita perhitungkan. Beberapa orang ketika mengalami luka tersebut, ada yang cepat sembuh ada juga yang lama. Salah satu cara untuk mengatasi luka lebam dan memar tersebut ialah dengan mengkonsumsi lobster. Sebab kandungan proteinnya mampu membantu tubuh untuk memperbaiki sel rusak akibat memar dan lebam tadi.

  1. Membantu Pemasokan Energi Cadangan

Memakan lobster tentu membuat kenyang, bukan? Memang dalam kendungan lobster terdapat kalori yang cukup untuk membuat kenyang. Apalagi protein didalamnya juga sangat banyak. Jika kandungan protein yang banyak tadi tidak digunakan, maka akan disimpan dalam bentuk energi dalam tubuh.

  1. Kandungan Asam Amino Essensial

Dalam lobster juga terdapat asam amino essensial. Asam amino ini tak bisa di produksi oleh tubuh kita. Untuk itu cara pemenuhanya adalah dengan mengkonsumsi dari luar. Misalnya dari makanan yang mengandung asam amino essensial tersebut.

  1. Cepat Menyembuhkan Proses Peradangan

Dalam daging lobster juga mengandung omega 6 (asam arakhidonat atau AA) dan omega 3 (asam eikosapentaenoat atau EPA serta asam dokosaheksanoat atau DHA). Kandungan ini sangat aktif dan baik untuk memproduksi prostaglandin. Dengan dibantu pengubahan dari omega 6, ini dapat membantu menyembuhkan peradangan.

“Ini baru sedikit manfaatnya, masih banyak lagi kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita yang terdapat pada lobster, pencegahan strok dan lain lain,” imbuh ahli gizi di salah satu sekolah swasta asing ini.

Pengolahan lobster juga bermacam, ada yang di panggang, di rebus lalu di olah dan masih banyak proses pemasakan lainnya. Proses ini menurut Purnama Dewi tidak mempengaruhi kualitas dan kandungan nilai gizi pada lobster. (ita)