Denpasar (Bisnis Bali) – Serangkaian Sanur Village Festival (SVF), Menpar Arief Yahya beserta Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga meresmikan MarkPlus Center for Tourism & Hospitality (MPCTH) di Sanur Kamis (23/8) lalu.

“MarkPlus Center akan menjadi pusat pengembangan industri pariwisata di Bali,” ucap Menpar Arief Yahya.

Menurutnya, keberadaan MPCTH di Bali sangat strategis. MPCTH merupakan pusat pengembangan bisnis khusus industri pariwisata dan hospitality. Bali akan selalu menjadi gerbang dan barometer pariwisata nasional.

Keberadaan MPCTH telah menjawab pengembangan infrastruktur, destinasi pariwisata, pemasaran, kebijakan pemerintah dan ekosistem secara komprehensif, dan SDM pariwisata lokal yang berdaya saing global.

Dipaparkannya, MPCTH juga dirancang untuk berbagai macam aktivitas dan program seperti seminar nasional. Ini terkait pasar utama dengan narasumber yang beragam dan akan memadukan perspektif Penta Helix.

Sebelumnya, Menpar Arief Yahya juga menjadi salah satu panelis dalam Diskusi Pariwisata yang merupakan rangkaian kegiatan Sanur Village Festival 2018 dengan tema “New Bali: One Island One Management” di Griya Hotel Santrian, Bali.

Menpar Arief Yahya juga mencoba aplikasi Gowes, aplikasi layanan penyediaan sepeda melalui smartphone sebagai bentuk digitaliasi layanan publik di Pantai Sanur.  (kup)