Singaraja (Bisnis Bali) – Pemkab Buleleng tetap konsisten dalam melestarikan seni dan budaya setempat. Usai Buleleng Festival, kini acara serupa digelar di Kecamatan Busungbiu. Gelar seni budaya yang dibuka di Lapangan Umum Kecamatan Busungbiu, pada Jumat (24/8) mengambil tema Sunya Mandala.  Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST membuka langsung kegiatan tersebut bersama anggota DPRD Provinsi Bali Ketut Karyasa Adnyana, dan Camat Busungbiu Drs. Made Supartawan MM.

Agus Suradnyana berharap kegiatan ini mampu menggelorakan kesenian dan kebudayaan di Kecamatan Busungbiu, serta memberi dampak positif terhadap perkembangan pariwisata di tempat tersebut. Menurutnya, pagelaran seni dan budaya ini juga sebagai media melestarikan warisan leluhur.

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan seni dan budaya ini, dan saya harapkan tiap tahun kegiatannya lebih berkualitas. Ya, digali terus-menerus, dan melibatkan seluruh komponen masyarkat,” ucapnya.

Ia menilai kegiatan berkesenian di Kecamatan Busungbiu sudah berjalan dengan baik. Hal itu terlihat dari keikutsertaan anak-anak hingga kalangan orang dewasa yang memeriahkan pagelaran seni budaya yang digelar selama lima hari.

“Tadi saya liat ada Rejang Renteng yang ditarikan oleh ibu-ibu, kemudian adik-adik juga telah menabuh. Berarti dari tingkat paling bawah sampai paling atas sudah melestarikan seni dan budaya, ini mencerminkan kegiatan berkesenian sudah berjalan dengan baik di Kecamatan Busungbiu,” nilainya.

Camat Busungbiu Made Supartawan mengatakan, kegiatan ini menampilkan berbagai jenis kesenian dari 15 desa di kecamatan Busungbiu.

“Kegiatan ini dimeriahkan dengan menampilkan berbagai kesenian seperti janger, gong kebyar dari tingkat anak-anak sampai tingkat dewasa dan juga dari ibu-ibu PKK serta berbagai tarian dan hiburan dari artis lokal maupun artis Bali,” paparnya.

Mantan Kabag Humas Dan Protokol Setda Buleleng itu melaporkan, dana dari kegiatan tersebut bersumber dari anggaran DPA Kecamatan Busungbiu tahun 2018, dan dukungan dari sponsor.

“Saya ucapkan terima kasih kepada panitia, para sponsor, tim kreatif, seniman seniwati dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” tandasnya. (ira)