Singaraja (Bisnis Bali) – LPD Desa Adat Selat Pandan Banten menggelar sejumlah kegiatan serangkaian memperingati HUT Bangkitnya yang ke – 13 Rabu 22 Agustus kemarin. Jalan santai berhadiah sekaligus peluncuran aplikasi SMS LPD dan Mobile LPD mewarnai peringatan LPD di Kecamatan Sukasada tersebut.

Kegiatan jalan santai diikuti ratusan masyarakat  dan mengambil lokasi start dari Kantor LPD Selat. Usai itu dilanjutkan Potong Tumpeng dan pengundian kupon berhadiah diantaranya Mesin Cuci, LED TV, Kipas Angin, Magic Com dan masih banyak lagi. Hadir Kepala BKS LPD Kabupaten Buleleng, Koordinator LP-LPD Buleleng,  Bank BPD Bali Cabang Singaraja dan Capem Lovina serta Unsur Adat Dinas Desa Selat Pandan Banten.

Kepala LPD Desa Adat Selat Pandan Banten Ketut Sarjana, SE menjelaskan, launching aplikasi menjadikan masyarakat lebih intelektual dalam pengawasan dana yang tersimpan di LPD.

“Pada intinya kalau ingin mendapatkan program ini masyarakat harus menyimpan dana membuat rekening di LPD Selat,” katanya.

SMS Mobile dan Mobile LPD ini merupakan salah satu produk terbaru yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi kepada masyarakat. Sistem layanan inovatif ini juga untuk memberi kemudahan, keamanan dan kenyamanan layanan keuangan LPD secara digital berbasis SMS kepada nasabah.

Layanan SMS LPD terdiri dari SMS Broadcast, Notifikasi Transaksi dan SMS Interaktif. Masing – masing layanan memiliki fungsi tersendiri, seperti SMS Broadcast berfungsi memberikan informasi bersifat massal kepada seluruh nasabah tentang promosi produk tabungan, deposito, kredit, pengumuman libur, undian dan ucapan selamat hari raya.

Notifikasi Transaksi memiliki fungsi nasabah akan mendapatkan layanan pemberitahuan dari LPD melalui SMS ke Ponsel Nasabah terkait aktivitas penggunaan layanan keuangan LPD seperti angsuran kredit, setoran dan penarikan tabungan, penarikan deposito hingga pemberitahuan jatuh tempo kredit.

Sementara itu SMS Interaktif, nasabah LPD bisa mengakses data keuanan dan melakukan transaksi keuangan di LPD menggunakan SMS.

“Intinya aplikasi ini merupakan layanan  kepada nasabah dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan, dengan ini kita bisa sama – sama melakukan kontroling terhadap kinerja LPD,”jelasnya. Nasabah LPD yang ingin mendapatkan layanan SMS LPD harus mendaftar terlebih dahulu.

“Layanan ini nantinya ditujukan kepada nasabah yang bertransaksi minimal Rp100 ribu ke atas,”terangnya.

Selain SMS LPD, pihaknya juga melaunching aplikasi m-Pise LPD Mobile yang bisa digunakan setiap saat atau 24 jam nonstop. Aplikasi ini berisi Informasi Rekening, Informasi LPD dan  Multipayment diantaranya pembelian Voucher Elektronik, Token PLN, pembelian pulsa handphone dan transaksi lainnya seperti transfer internal dan antar LPD.

Keunggulan lainnya, nasabah juga bisa berjualan pulsa melalui m-Pise LPD Mobile. Pihaknya berharap dengan layanan terbaru ini dapat memberikan kenyamanan dan meningkatkan kepercayaan nasabah atau krama terhadap LPD. (ira)