Denpasar (Bisnis Bali) – Tanaman hias yang satu ini mirip dengan daun sirih, namun memiliki kombinasi warna yang cantik sehingga banyak peminatnya. Epimedium, bisa dijadikan sebagai tanaman hias namun juga disebut sebagai tanaman herbal karena memiliki khasiat dalam meningkatkan vitalitas pria.

“Epimedium ini memiliki tiga perpaduan warna yaitu merah, ungu dan hijau tua. Jadi walaupun dia seperti daun sirih, tapi perpaduan warna tertentu membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya,” terang France dari Cunion Fresh, di Renon, Kamis (23/8).

Epimedium ini bisa termasuk tanaman yang adaptif, jadi bisa tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi. Meski demikian evimedium tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

“Kalau ditanam di tempat yang terkena sinar matahari langsung, warna daunnya tidak bisa degradasi tiga warna tadi. Jadi harus ditanam di tempat yang agak teduh, pasti degradasi warnanya kentara,” tukasnya.

Karenanya tanaman ini cocok diletakkan di dalam ruangan, meski demikian tetap harus dikeluarkan sewaktu – waktu. Untuk perkembang biakannya dikatakan lebih mudah menggunakan umbi.

“Kalau mau mengembangkan tinggal cari umbinya, cepat pertumbuhannya,” ungkapnya. Meski tanaman tersebut merambat, namun pengembangan dari umbi.

Bibit tanaman ini dibandrol mulai Rp50 ribu tergantung ukurannya. “Karena belum banyak yang punya, makanya harganya masih tinggi,” tukasnya. (pur)