Denpasar (Bisnis Bali) – Menyambut Hari Raya Idul Adha, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Bali, membagikan 10 ribu kantong hewan kurban kepada warga muslim dan non muslim.  Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPW LDII Bali, H. Hardilan, SH., didampingi sekretarisnya, H. Agus Permadi, Rabu (22/8) di Denpasar.

“Untuk hewan kurban tahun 2018 ini terkumpul sebanyak 106 ekor sapi dan 306 ekor kambing,” ujarnya.

Tiap tahunnya ada peningkatan jumlah hewan kurban, ini bukti makin meningkatnya pemahaman umat tentang penting dan manfaat berkurban di Hari Raya Idul Adha.

Perayaan Idul Adha dipusatkan di halaman Gedung Serbaguna LDII Provinsi Bali. Dari total hewan kurban menurut Hardilan, akan dijadikan sekitar 10.000 kantong daging. Pembagiannya dilakukan di 7 kabupaten se-Bali, di antaranya Denpasar, Badung, Gianyar, Karangasem, Buleleng, Tabanan, dan Jembrana.

Didata oleh masing-masing Perwakilan Anak Cabang (PAC) LDII Bali yang berhak memperoleh daging kemudian nantinya akan didistribusikan sesuai dengan hasil pendataan.

”Cara ini kami nilai lebih tepat sasaran dan efisien, jadi tidak harus antri dan berebut di satu lokasi,” jelasnya.

Menurutnya, pembagian daging kurban tidak hanya untuk umat Islam tapi juga semua lapisan masyarakat yang ada di sekitar wilayah pembagian.

“Momen ini kami jadikan bentuk kecintaan dan toleransi antar umat, semangat NKRI. Di sinilah cerminan umat Islam menjaga kerukunan dengan umat beragama lainnya,” imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, hewan kurban yang terkumpul ada juga titipan dari beberapa tokoh masyarakat Bali. “Ini bentuk kebersamaan, mereka ikut peduli dan ingin ikut berbagi di momen yang mulia ini,” tandasnya. (aya)