Tabanan Berpotensi Terima Limpahan Wisatawan dari Lombok

13

Tabanan (Bisnis Bali) –¬†Sejumlah pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) di Kabupaten Tabanan mengaku bencana gempa yang mengguncang Lombok Utara dan terasa sampai di Bali belum mengganggu aktivitas wisata. Sebaliknya, DTW di Kabupaten Tabanan berpotensi menerima pelimpahan wisatawan yang sebelumnya memutuskan berlibur ke Lombok.

“Gempa yang mengakibatkan rusaknya sejumlah infrastruktur di Lombok, tentunya akan jadi pertimbangan bagi wisatawan untuk datang ke sana. Bercermin dari itu, alternatifnya kemungkinan Bali akan menjadi pilihan, termasuk juga pilihan wisatawan untuk datang ke DTW yang ada di Kabupaten Tabanan selama ini,” tutur Pengelola DTW Ulun Danu Beratan, Wayan Mustika, di Tabanan Selasa (14/8).

Saat ini angka kunjungan wisatawan ke DTW Ulun Danu Beratan cenderung stabil. Rata-rata pascagempa di Lombok, angka kunjungan untuk wisatawan mancanegara (Wisman) ke DTW Ulun Danu Beratan mencapai 2 ribu per hari, sedangkan untuk angka kunjungan wisatawan domestik (wisdom) mencapai 500 per hari.

Prediksinya, mendatang angka kunjungan tersebut kemungkinan akan naik, karena kemungkinan wisatawan akan menunda dulu berliburnya ke Lombok  dan memilih Bali yang sudah terkenal dengan potensi obyek wisatanya selama ini.

Di sisi lain, papar Mustika mengantisipasi peralihan wisatawan tersebut, pihaknya sudah mempersiapkan dengan menawarkan obyek wisata baru di seputaran kawasan DTW Ulun Danu Beratan. Salah satunya, homepod dari Kementrian Pariwisata yang diperkenalkan pada ajang Ulun Danu Beratan Art Festival IV lalu. Katanya, pascadiperkenalkan homepod ini sangat diminati oleh kalangan wisatawan yang datang ke kawasan DTW Ulun Danu Beratan untuk melakukan swafoto.

“Sebenarnya ada banyak wisatawan yang mau menginap di homepod tersebut, namun berhubung kawasan tersebut menjadi areal tempat suci, kami hanya fungsikan sebagai obyek swafoto. Selain itu, nanti rencananya, kami akan fungsikan sebagai musium pura dengan memajang pajang buku-buku suci,” ujarnya.

Terkait meningkatkan angka kunjungan wisatawan, pihaknya juga berencana akan membuat bangunan bale Bali lengkap dengan ukuran seni Bali. Katanya, pembangunan bale Bali tersebut akan dilakukan di sebelah Utara kawasan areal DTW Ulun Danu Beratan. Nantinya, selain untuk kegiatan upacara agama di areal pura di kawasan wisata, bangunan bale Bali nantinya akan difungsikan untuk tempat wisatawan bersantai menikmati keindahan obyek DTW Ulun Danu Beratan.

“Pembangunan dan target perampungan pembangunan bangunan bale Bali ini, kami rencanakan pada tahun depan,” tandasnya. (man)