Denpasar (Bisnis Bali) – Dari data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali jumlah koperasi di Bali hingga saat ini sebanyak 4.825 unit. Dari total jumlah tersebut koperasi yang dikelola oleh manager sebanyak  1.543. Berarti ada 1.543  orang koperasi di Bali, dari sekian banyak manager  yang telah mengikuti diklat uji kompetensi sebanyak 1.320 orang (85,54 persen).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra, S.E.,M.M., Selasa (14/8) di Denpasar menegaskan, hampir semua manager yang ada sudah kompeten. Mereka mengikuti diklat uji sertifikasi kelas manager yang mendapatkan materi umum bagaimana mengelola koperasi yang memiliki standar.

”Kemungkinan data sudah bertambah karena sekarang ini sudah ada peningkatan diklat uji kompetensi secara swadaya. Sehingga ada kelompok manager yang secara mandiri melaksanakan diklat,” tegas Indra Dewa.

Untuk tingkat di bawah manajer koperasi mulai dari level kasir ada sebanyak 2,69 persen yang memiliki sertifikat kompeten. Di level juru buku sebanyak 3,63 persen, juru tagih 1,87 persen, level kabag pinjaman sebanyak 1,95 persen. Sedangkan untuk usaha retail sebesar  7,56 persen sudah tersertifikasi. Terutama pada level coustomer servis sebesar 0,21 persen.

”Sekarang ini sudah ada tren lebih banyak kesadaran melaksanakan diklat swadaya, tidak lagi menunggu pasilitas pemerintah,” katanya.

“Memang saat ini kami akui mayoritas, diklat-diklat dibiayai oleh Pemerintah, baik itu melalui APBD maupu APBN dari Kementerian Koperasi maupun APBD dari Kabupaten Kota. Kami merasa sangat bersyukur koperasi-koperasi besar di Bali saat ini sudah mengalokasikan angaran untuk biaya diklat kompetensi dengan biaya sendiri. Itu tentu sangat kami apresiasi, bisa dikatakan swadaya dan kesadaaran diklat merupakan investasi usaha Koperasi itu kedepannya,” ucapnya.

Jika SDM sudah berkualiatas sesuai setandar maka tata kelola koperasi terus membaik. Sehinga, opreasional usahanya sesuai dengan ketentuan. Maka dari itu, sangat penting memperkuat di internal koperasi terlebih dahulu.  (sta)