ORDER KOSTUM - Karyawan Cahya Atsyuka sedang menyiapkan orderan kostum. Memperingati Hut RI ke - 73 kali ini, terjadi peningkatan penyewaan hingga 50 persen dibandingkan tahun lalu.

Denpasar (Bisnis Bali) – Perayaan hari kemerdekaan, berbagai kegiatan khususnya karnaval dan pementasan sendratari banyak  dilaksanakan. Hal tersebut mendatangkan keuntungan bagi pelaku penyewaan kostum khusus busana Nusantara. Hut RI ke – 73 kali ini, terjadi peningkatan penyewaan hingga 50 persen dibandingkan tahun lalu.

Dewa Ayu Werdana Asih pemilik Cahya Atsyuka, di depan SMA 3 Denpasar memaparkan penyewaan kostum busana Nusantara mengalami peningkatan hingga 50 persen dibandingkan tahun lalu. “Sekarang permintaan busana Nusantara astungkara mengalami peningkatan. Kalau tahun lalu permintaan sempat turun, sekarang mulai menunjukkan geliat kemeriahan HUT Ke,” tuturnya Senin (13/8) di Denpasar.

Kegiatan  kemerdekaan saat ini lebih komprehensif dan lebih meriah dibandingkan tahun lalu. Kalau tahun lalu lebih pada pelestarian budaya saat ini  mencakup semuanya baik pelestarian budaya, karnaval atau parade busana Nusantara dan berbagai kegiatan lomba yang menuntut kreativitas. “Sekarang tidak hanya anak sekolahan mulai dari SD hingga SMA, namun instalasi, kantor – kantor dan banjar – banjar juga aktif melaksanakan kegiatan tujuh belasan. Makanya permintaan kostum saat ini melonjak,” ungkapnya.

Dikatakan selain pakaian Nusantara, saat ini pakaian sendratari dan pakaian tari Bali juga banyak dicari. “Banyak pementasan yang dilakukan tidak hanya oleh pelajar namun juga oleh karyawan instansi dan SKPD, sehingga permintaan  ukuran busananya juga beragam. Kami menyediakan berbagai ukuran dan model kostum,” ucapnya.

Orderan busana bahkan sudah mulai ramai satu bulan lalu. “Kalau pelanggan yang sudah biasa dan sudah tahu, pasti akan memesan satu bulan sebelumnya. Soalnya mereka takut tidak kebagian kostum, karena sudah mendekati hari kemerdekaan pasti banyak orang akan mencari kostum,” tukasnya. Apalagi bagi mereka yang membutuhkan kostum khusus, pasti sudah memesan jauh hari sebelumnya sehingga dapat dibuatkan.

Terkait harga sewa kostum ia mengatakan tergantung jenis kostum dan juga apakah kostum baru atau sudah lama. Tarif berkisar Rp 60 ribu hingga Rp 250 ribu. “Untuk tarif tergantung dari jenis busana. Kami menyediakan beragam jenis busana dan berbagai ukuran, sehingga semua kebutuhan konsumen dapat terpenuhi,” ucapnya. Apalagi perkembangan fashion saat ini sangat pesat, sehingga masyarakat juga menuntut adanya inovasi. (pur)