Singaraja (Bisnis Bali) – Guna memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73, Pemerintah Kabupaten Buleleng kembali menggelar lomba Gerak Jalan 45 km dewasa Putra. Lomba yang diikuti 43 regu ini merupakan lomba tetap tahunan setiap peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI.

Para peserta dilepas secara langsung oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG Sabtu (11/8) malam. Pada tahun ini garis start dilakukan di Lapangan Sepakbola Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak. Seluruh peserta dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori SMA/Perguruan Tinggi dan kategori badan, dinas/kantor, organisasi pemuda/karang taruna.

Wabup Sutjidra menjelaskan, Buleleng merupakan satu-satunya kabupaten yang konsisten menyelenggarakan lomba gerak jalan 45 km. “Kita satu-satunya kabupaten yang konsisten menyelenggarakan ini sebagai bentuk pengamalan perjuangan para pahlawan kita,” jelasnya.

Melalui lomba gerak jalan ini, Wakil Bupati asal Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan ini ingin memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme, khususnya kepada generasi muda, agar mampu meneruskan cita-cita kemerdekaan bangsa ini. “Selain itu, para generasi muda juga harus kuat dan tangguh untuk menghadapi tantangan jaman,” ujar Sutjidra.

Sebagai pimpinan daerah, Sutjidra berharap lomba gerak jalan ini berjalan dengan lancar, aman dan sukses. Karena itu, ia berpesan kepada para peserta untuk berlomba dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Juga kepada para supporter agar memberikan dukungan dengan tertib, sopan serta tidak menganggu para perserta lomba dan penonton.

“Mari berlomba secara sportif. Untuk para supporter agar memberikan dukungan dengan tertib,” pungkasnya. (ira)