Generasi Muda Diminta tak Bermental PNS

83

Denpasar (Bisnis Bali) – Terbatasnya peluang kerja sebagai PNS, generasi muda di Bali mesti memanfaatkan sebagai wirausaha produktif. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa, S.E.,M.M., saat memberikan motivasi kepada 100 pelaku usaha pemula dan calon pengusaha di Depaasar beberapa waktu lalu.

Generasi muda dimintanya tak bermental PNS. Pekerjaan sebagai abdi masyarakat ini tak bisa berkembang cepat. ”Karena keterbatasan merekrut tenaga di PNS maka jangan hanya menunggu menjadi PNS. Generasi muda mesti berani dengan tantangan untuk cepat berkembang. Lebih baik memanfaatkan menjadi wirausaha dibandingkan PNS. Menjadi pengusaha hanya bermodal awal jiwa enterpreseour. Kemudian tumbuhkan rasa berwirausaha lebih lagi, maka baru memilih menjadi peluang pengusa di sektor apa saja. Sektor dagang, jasa dan banyak lainnya. Baru butuh perencananaan usaha, kemudian modal usaha, cara produksi dan pemasaran,” jelas Dewa Indra sambil terus mendorong semua generasi muda untuk membuka peluang usaha sehingga mampu merekrut tenaga kerja.

Dengan menciptakan lapangan kerja berarti membantu meminimalis pengangguran. Selain itu dengan memberikan pekerjaan berarti menambah pendapatan, dan juga dapat memberikan kehidupan bagi masyarakat lainnya.  (sta)