Denpasar (Bisnis Bali) – Wisatawan dari Tiga Gili dan wisatawan di Lombok bisa dialihkan ke Nusa Penida. Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, IB. Agung Partha Adnyana Minggu (12/8) mengatakan, keindahan pariwisata di Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan bisa menjadi pilihan wisatawan dari Lombok karena tak berbeda jauh dengan keindahan alam di tiga Gili.

Sebelumnya evakuasi wisatawan dari Lombok utamanya berasal dari 3 gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Proses evakuasi wisatawan dari Lombok ke Bali sudah dilakukan selama 2 hari 6-7 Agustus malam hari.  Evakuasi wisatawan dari Lombok ke Bali dilakukan dengan Kapal Bounty. Ini termasuk penggunaan Kapal Binaiya (Pelni) dan Kapal Fatagonia.

Total wisatawan yang dievakuasi hampir 1400 wisatawan. Dari Lombok wisatawan melalui jalur laut ke Bali melalui Pelabuhan Benoa. Menurutnya, evakuasi ini untuk memberikan kenyamanan dan keamanan di mana sebelumnya mereka merasakan begitu besarnya gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan evakuasi ke Bali, wisatawan tersebut bisa memperpanjang waktu liburan di Bali sebelum kembali ke negaranya.

Upaya ini melibatkan Bali Tourism Hospitality (BTH) bersama stakeholder pariwisata Bali. Ketika tiba di Pelabuhan Benoa, wisatawan dibantu memberikan transfers free ke hotel.

Wisatawan yang datang ke Gili cenderung anak muda. Mereka sangat menggemari pantai dan suka adventure. Wisatawan evakuasi dari 3 Gili sangat tepat memanfaatkan paket wisata di Nusa Lembongan, Nusa Penida, dan Nusa Ceningan sebagai alternative.  (kup)