Tampil Nyentrik dengan Bandana Endek

14

Mangupura (Bisnis Bali) – Aksesori sangat identik dengan kaum wanita, meski tak sedikit pula aksesori yang dibuat untuk kaum pria. Khusus bagi wanita, aksesori yang tersedia di pasaran sangat bervariasi, mulai dari kepala hingga ujung kaki.

Salah satu aksesori wanita untuk kepala adalah bandana, yang menjadi pilihan untuk melengkapi outfit yang digunakan. Umumnya, bandana terbuat dari kain, berbentuk segiempat dan diikatkan di kepala. Fungsinya untuk merapikan rambut yang tergerai, sekaligus untuk tampil gaya dan nyentrik. Bandana bisa dipakai di dalam ruangan, tetapi kebanyakan orang menggunakannya untuk kegiatan di luar ruangan.

Wirausahawan muda Bali, Bagas Widiantara melihat peluang tersebut dengan membuat aksesori bandana yang khas. Pria yang berasal dari Desa Pangsan, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung ini mengawali usahanya dengan memproduksi sandal berkombinasi kain tradisional Bali, endek, sejak enam bulan lalu. Lantas, ide kreatifnya pun muncul untuk membuat produk lainnya, seperti gantungan kunci, anting-anting dan akhirnya bandana.

“Awalnya coba-coba karena sangat suka dengan kain tenun endek sehingga terinspirasi membuat sesuatu yang berbeda selain sandal. Jadilah bandana berbahan kain endek berkualitas sebagai karya rumahan saya. Astungkara, produk baru ini mulai diterima di pasaran,” ungkap Bagas.

Ia memasarkan produk bandana ini melalui media sosial serta dibantu reseller. Pemasarannya diawali di sekitaran Petang, kemudian kini sudah merambah ke wilayah Denpasar, Gianyar, Badung, Tabanan dan Klungkung. Bandana berbahan endek sangat disukai oleh kalangan anak-anak, remaja dan bahkan dewasa.

“Banyak warna bisa menjadi pilihan konsumen. Saya berproduksi sebanyak 30-40 pcs perminggu. Satu pcs bandana saya jual seharga Rp 20 ribu. Semuanya langsung laku terjual,” ujarnya dengan girang.

Ia mengaku tidak merasa tersaingi dengan produk sejenis yang dijual pengusaha lainnya. Baginya, yang terpenting adalah terus berinovasi agar mampu menghasilkan produk berkualitas dan tetap disukai konsumen. Ke depan ia berencana membuka toko aksesori sebagai bagian dari pengembagan usahanya. (dar)