Denpasar (Bisnis Bali) – Kamen batik print dari bahan katun belakangan makin membanjiri pasar tekstil di Bali. Kamben batik print ini bahkan hadir dengan beragam motif yang cantik dan menarik konsumen.  Kamben batik print ini menurut Sulis pemilik Sulis Tekstil di jalan Pulang Lawe, Sanglah – Denpasar mengatakan kamben batik print ini termasuk banyak peminatnya. Harga yang terjangkau dan motif yang cantik membuat kamben ini disukai konsumen.

“Daya tarik utamanya sebenarnya harganya yang sangat terjangkau yaitu Rp 65 ribu. Karena dibandingkan dengan batik tulis memang jauh berbeda yang bisa mencapai Rp 500 ribu ke atas,” tuturnya Jumat (10/8).

Meski harganya terjangkau, Sulis mengatakan kualitas cukup bagus terutama dari segi bahan menggunakan kain katun yang adem sehingga nyaman saat digunakan. “Perbedaan harga yang mencolok tersebut, karena batik tulis dikerjakan dengan tangan sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama dalam pengerjaan. Sedangkan batik print menggunakan mesin dan sangat cepat proses pembuatannya,” ungkapnya.

Dari segi motip hampir sama dengan motif batik pada umumnya ada motif klasik dan motif kekinian yang terkesan lebih trendy juga tersedia. Jadi konsumen dapat menyelesaikan dengan selera dan juga usia pemakai. Dengan ukuran panjang 2,4m, kamben ini juga bisa digunakan sebagai bahan kemeja.

“Pelanggan kami juga banyak yang mencari kamben batik print ini untuk dijadikan sebagai kado. Karena batik, memang untuk saat ini tidak hanya disukai oleh kalangan orang tua tapi remaja juga sudah banyak yang menyukai batik,” tandasnya. Apalagi dengan adanya beragam motif yang sangat sesuai bagi remaja. (pur)