Denpasar (Bisnis Bali) – Inovasi di bidang kesehatan terus digalakkan Pemkot Denpasar. Seperti di RSUD. Wangaya yang kini telah menerapkan pelayanan kesehatan berbasis online dan teknologi dengan Aplikasi Pendaftaran Online (Apdol). Aplikasi ini diharapkan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses beragam layanan kesehatan di RSUD Wangaya.

Wakil Direktur RSUD Wangaya, AA Putra Dhyana mengatakan, aplikasi ini telah diluncurkan pada 3 Juli lalu oleh Dirut RSUD Wangaya, dr. Satyawati Hartawan. Masyarakat dapat mengakses beragam layanan kesehatan dan informasi di RSUD Wangaya di aplikasi ini.

Masyarakat dapat mengunduh aplikasi ini di play store dengan kata kunci Daftar Online RSUD Wangaya. Selain melaksanakan pendaftaran, masyarakat juga dapat mengakses riwayat pendaftaran yang disertai informasi tentang nomor antrean serta tanggal pelayanan. Hal lainya juga turut dilayani informasi mengenai biaya perawatan serta informasi kamar yang masih tersedia untuk pelayanan rawat inap.

“Dengan adanya inovasi Apdol ini masyarakat dapat memanfaatkanya dengan maksimal dan melihat pemetaan biaya, jumlah kamar yang tersedia serta mengatur jadwal tersendiri untuk melaksanakan kontrol atau pelayanan kesehatan lainya,” jelasnya.

Selain itu, guna memudahkan pasien dalam melakukan pendaftaran untuk kunjungan ke Poliklinik dan mengurai antrian di loket pendaftaran pasien, kini RSUD Wangaya juga telah menyediakan sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) setelah suskes dengan SMS Gatewaynya di tahun 2016 lalu.

APM merupakan fasilitas bagi pelanggan yang ingin melakukan cek kesehatan, dengan cara langsung mendaftarkan melalui sistem, dapat dilakukan oleh pasien baru ataupun lama. Dengan menggunakn sistem APM ini pasien diberikan kemudahan dalam melakukan pendaftaran kunjungan ke poliklinik, sehingga dapat memotong antrian pasien di Loket Pendafataran, serta APM dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun karena berifat ‘User Friendly’.

Sementara Kasubag Pengumpulan Informasi dan Dokumentasi Bagian Humas Setda Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana mengatakan bahwa mewujudkan pelayanan maksimal bagi masyarakat merupakan komitmen Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota, IGN Jaya Negara.

Di mana, beragam kemudahan dan kenyamanan bagi pelayananan publik turut diciptakan dengan membangun integrasi berbasis IT di segala lini pelayanan. Seperti halnya pelayanan Perijinan, Disdukcapil, SIM, Pro Denpasar, Sikekal, Santunan Kematian Online, Pelayanan Pendaftaran di RSUD Wangaya serta masih banyak lainya.

“Dalam menciptakan pelayanan maksimal dengan beragam kemudahan serta kenyamanan ingin diciptakan dalam setiap aspek pelayanan publik di Kota Denpasar dengan pengamalan motto Sewaka Dharma yang engandung makna melayani adalah kewajiban,” pungkasnya.  (sta)