Denpasar (Bisnis Bali) – Perusahaan e-commerce lokal terbesar di Indonesia, Blibli.com kembali mengukuhkan komitmennya mendukung perkembangan UMKM Indonesia umumnya dan Bali khususnya, melalui ajang kompetisi pencarian pengusaha kreatif muda terbaik nasional untuk ketiga kalinya, “The Big Start Indonesia (TBS) Season 3”.

TBS season 3 siap digelar dengan total hadiah lebih besar dibanding tahun sebelumnya senilai Rp1,1 miliar dan Bali menjadi kota ke-3 dalam rangkaian roadshow TBS Season 3 yang akan diadakan pada 3 sampai 5 Agustus 2018.

“Mengusung semangat “Buktikan Kepada Mereka”, TBS Season 3 diharapkan dapat menjawab tantangan terbesar para pengusaha muda Indonesia untuk melakukan scale-up bisnis ke skala lebih besar dengan pangsa pasar lebih luas,” ujar Maria Hermina, Senior Brand Strategy Manager Blibli.com dalam media gathering Roadshow TBS Season 3, di Denpasar Kamis (2/8).

Tahun ini, TBS Season 3 akan menjadi perhelatan lebih besar dengan diadakannya roadshow lima kota dan Bali menjadi kota ke-3 dalam rangkaian ini. Blibli.com. “Dengan adanya TBS Season 3 diharapkan semakin mendorong para pengusaha kreatif muda lokal untuk menembus pasar internasional dan untuk terus mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi,” ujarnya.

Sukses menggandeng lebih dari 20.000 peserta di tahun lalu, TBS Season 3 diharapkan dapat merangkul lebih banyak lagi pengusaha muda yang akan dikurasi menjadi 20 finalis pengusaha kreatif muda terbaik Indonesia.

Bali bukanlah nama asing di mata dunia dimana produk-produk buatan lokal turut menjadi salah satu daya tarik wisatawan mancanegara. Menurut data di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar peningkatan jumlah UMKM sudah terlihat jelas sejak tahun 2013. Jumlah UMKM Kota Denpasar 11.575 dan pada 2016 menjadi 30.840. Ini menunjukkan potensi bisnis rumahan di Bali menunjukkan pertumbuhan positif setiap tahunnya.

Sementara Dhamar Perbangkara, pemenang ke-2 TBS Season 1 yang juga Founder Gauri  menceritakan pengalamannya saat mengikuti kompetisi ini sebelumnya. “Mengikuti The Big Start Indonesia Season 1 memberikan pengalaman baru, menambah koneksi dan informasi yang sangat berguna untuk mengembangkan bisnis saya ke tingkat yang lebih lanjut. Sebagai pengusaha muda,  tentu kita harus selalu berinovasi dan belajar menemukan strategi baru agar bisa terus eksis dalam persaingan pasar yang makin ketat,” jelas Damar.

Hal serupa juga ditegaskan I Kadek Edi, Head Roaster Seniman Industires. Menurutnya zaman sekarang berbisnis semakin dimudahkan dengan teknologi, sehingga di satu sisi semakin gampang tapi juga semakin menantang karena persaingan semakin besar.

“Kita harus terus menggali potensi lokal dan keunikan yang kita punya supaya tidak kalah dengan produk impor. Apalagi dengan e-commerce lokal seperti Blibli.com yang mendukung produk dalam negeri, kita harus bisa memanfaatkan segala kesempatan yang ada untuk memasarkan produk kita di luar sana,” ujar Kadek. (aya)