Denpasar (Bisnis Bali) –  Keberadaan bisnis jasa bordir pakaian hingga kini tergolong prospektif. Pasalnya, hasil bordiran yang bisa diaplikasikan pada media jaket, kemeja, tas dan topi lebih dekoratif dan trendi bila dibandingkan dengan hasil sablonan.

Menurut Harun, salah seorang pemilik jasa bordir, di kawasan Denpasar, Kamis (2/8), jasa bordirnya hingga kini tak pernah sepi orderan, yakni setiap saat ada saja konsumen yang datang untuk membordir baju, topi, jaket dan tas mereka.

Konsumennya tak hanya dari kalangan pengusaha otomotif, elektronik, hingga properti yang memerlukan seragam kerja, namun juga konsumen perorangan, khususnya kaum remaja.

’’Para remaja kini cenderung menginginkan jaketnya di bordir dengan desain atau motif tertentu,’’ ungkapnya. Hal yang selalu pihaknya perhatikan untuk membina hubungan dengan konsumennya adalah mutu produk maupun pengerjaan bordirannya.

‘’Untuk pengerjaan bordir ini, kami dibantu dengan sistem komputer agar pengerjaannya bagus dan rapi,’’ jelasnya.

Ongkos untuk jasa bordir bervariasi, tergantung motif, jumlah serta tulisan yang akan dibordir. Jika hanya membordir satu saja harganya otomatis berbeda dengan membordir puluhan.

‘’Jika hanya membordir nama tertentu, kami kenakan biaya rata-rata puluhan ribu rupiah saja per unitnya. Ongkos bordiran tergantung banyaknya tulisan serta gambar yang akan dibordir,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Akhmad, salah seorang pemilik jasa bordir lainnya. ‘’Bisnis bordir hingga saat ini memiliki peluang yang baik, yakni orderan kami selalu ada setiap harinya,” ungkapnya.

Pihaknya berusaha menciptakan desain-desain yang baik dan unik, selain kualitas optimal dan harga bersaing tentunya, agar menempati posisi yang baik di mata konsumen. ‘’Dengan bordiran ini, dapat menunjang penampilan kaum remaja saat keluar rumah,” jelasnya.

Lanjut dia, jaket bordiran ini misalnya, bentuknya unik dan berwarna-warni, serta dihiasi motif, lambang atau merek kesukaan konsumen. ‘’Dengan menggunakan jaket bordiran, bisa memperlihatkan remaja saat ini selalu berpenampilan berbeda pada tiap kesempatan,’’ katanya.

Selain bordir, pihaknya juga menyediakan jasa sablon. Ada yang senang dengan produk fashion sablonan dan ada pula yang senang dengan bordiran. ‘’Memang masing-masing orang memiliki kesenangan yang berbeda-beda,’’ tandasnya. (aya)