Singaraja (Bisnis Bali) – Berbagai jenis makanan lokal Bali, kini tak hanya diminati masyarakat local. Wisatawan mancanegara juga mulai meminati jenis-jenis makanan yang memiliki rasa unik di lidah. Ini terlihat dari banyaknya wisman yang tertarik mengikuti Adjani Bali Cooking Class yang digelar di Kabupaten Buleleng.

Peserta cooking class kali ini berasal dari berbagai negara di Eropa, Australia, Canada, USA, Ukraina, Rusia, Jepang dan Singapura.

Wayan Ariawan dari Buleleng Harmoni menuturkan, untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin mengenal masakan khas Bali, pihaknya sengaja menggelar kegiatan ini. Sehingga di samping berwisata, mereka juga memiliki agenda khusus mengikuti kelas memasak.

“Kita fasilitasi tempat dan juga tukang masak yang ahli di bidang memasak khas bali, mereka mengikuti kelas memasak tentu dari proses awal hingga akhir sampai penyajian,”katanya.

Adjani Bali Cooking Class ini sudah berdiri sejak 1991. Jenis – jenis masakan yang diajarkan diantaranya Vegetarian, Non Vegetarian, Mix dan masakan bali seperti kue basah khas bali, lawar, rambanan dan masih banyak lagi.

Wisman akan diperkenalkan lima resep masakan bali selama 2 -3 jam, kemudian diajak melihat kebun organik yang terdiri dari tumbuhan rempah – rempah seperti sereh, lengkuas, kunyit dan lainnya setelah belajar memasak bisa dimulai rempah – rempah yang akan digunakan hingga tehnik pengolahan sampai dengan cara penyajian.

“Dengan ini kita bisa memperkenalkan aneka masakan bali kepada wisatawan, dan memasak ini akan selalu menjadi salah satu daya tarik wisatawan ke Buleleng,”imbuhnya. (ira)