Denpasar (Bisnis Bali) – Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran yang strategis dalam keberhasilan mewujudkan pariwisata berkelanjutan. Untuk itu diperlukan SDM pariwisata berkualitas yang dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan kepariwisataan. Salah satu upaya menyiapkan SDM yang berkualitas di sektor pariwisata, melalui ajang pemilihan Jegeg Bagus Bali.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada malam grand final pemilihan Jegeg Bagus Bali Tahun 2018 duta Pariwisata dan Budaya Provinsi Bali di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya, Art Center, Denpasar pada Sabtu (28/7) malam.

Menurut Mangku Pastika, ajang ini sangat tepat dilaksanakan dengan harapan lahir generasi muda kreatif dan inovatif sehingga mampu menjadi duta pariwisata dan budaya Bali. Disamping melahirkan duta pariwisata Bali yang dapat menjadi bagian terdepan membantu pemerintah menggali, memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Bali, Jegeg Bagus Bali yang lahir melalui ajang ini juga diharapkan mampu membangun opini positif sehingga tercipta pola Citra pariwisata Bali yang positif.

“Ajang pemilihan ini bukan sekedar menampilkan keindahan fisik, kecantikan dan ketampanan semata, namun diharapkan memiliki kecerdasan, jiwa sosial, berbakat, kreatif dan inovatif serta memiliki wawasan yang luas tentang kepariwisataan dan kebudayaan,” ujar Pastika yang didampingi Ny. Ayu Pastika.

Menurut Pastika, Bali patut bersyukur karena dianugerahi kekayaan, keindahan alam dan keunikan budaya walaupun tidak memiliki potensi ekonomi dari sumber tambang dan energi lainnya. Namun demikian keindahan alam dan kebudayaan yang bernafaskan agama Hindu dengan berlandaskan filosofi Tri Hita Karana mampu mengikat mata setiap wisatawan yang datang ke Bali. Oleh sebab itu sudah sepantasnya sektor pariwisata mendapat perhatian yang sungguh-sungguh agar dapat berkelanjutan.

“Pemenang yang terpilih malam ini akan berhak menjadi duta pariwisata provinsi Bali yang siap bersaing dengan duta duta pariwisata dari provinsi lain di tingkat nasional. Perlu saya sampaikan kepada para finalis bahwa semenjak kalian ditetapkan menjadi finalis Jegeg Bagus Bali 2018, kalian semua adalah yang terbaik di Bali dan telah menjadi pemenang. Namun pada malam grand final ini hanya akan menentukan jabatan saja, baik sebagai duta pariwisata, duta persahabatan ataupun yang berpenampilan terbaik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggara yang juga Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali A.A Gede Yuniartha Putra dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pemilihan Jegeg Bagus Bali ini untuk meningkatkan SDM di bidang pariwisata bagi generasi muda dan juga sebagai ajang pembelajaran untuk menumbuhkembangkan sikap kreativitas, inovatif, sportivitas, berwawasan luas dan berperilaku positif yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat dan negara. Juara pada pemilihan Jegeg Bagus Bali 2018 akan menjadi duta wisata dan budaya dalam mengikuti berbagai event baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

Pada pemilihan kali ini, Kadek Dena Ayu Ersafira dinobatkan sebagai Jegeg Bali 2018 dan Kadek Deco Widi Permana sebagai Bagus Bali 2018 yang keduanya merupakan duta dari Kota Denpasar.

Sementara untuk Runner Up I diperoleh Ni Wayan Putri Cempaka Karisma (Jegeg Gianyar) – Made Riki Ponga Kusyanda (Bagus Badung), Runner Up II yakni Made Ayuntya Wikansa Muderawan (Jegeg Badung) – Kadek Kadin Suartana Billington (Bagus Gianyar), Runner Up III diperoleh I Gst Ayu Gex Indah Anastasia Marcelayanti (Jegeg Jembrana) – I Wayan Dirsa Raditya (Bagus Karangasem), Runner Up IV yakni Ida Ayu Krisna Cantika Dewi (Jegeg Buleleng) – Putu Krisna Adi Surya (Bagus Jembrana) dan Runner Up V diperoleh Ni Komang Okyantri Dana Pertiwi (Jegeg Karangasem) – Ida Bagus Sradha Nanda (Bagus Klungkung).

Selain itu juga dipilih Jegeg Bagus Persahabatan yang diperoleh Luh Made Bella Andini Pratiwi (Jegeg Tabanan) – Bima Oktadinata Kusuma (Bagus Tabanan), Jegeg Bagus Berbakat diperoleh Ni Kadek Sri Jayanti (Jegeg Klungkung) – Kadek Lintang Garbhayana (Bagus Buleleng) serta Jegeg Bagus Penampilan Terbaik diperoleh Ni Putu Nanda Virgyan Yustianti (JegegĀ  Bangli) – I Dewa Gede Eka Surya Permana Putra (Bagus Bangli).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Sekda Provinsi Bali, beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Provinsi Bali, Duta Wisata Provinsi Jawa Timur, Duta Wisata Provinsi Jawa Tengah dan Duta Wisata Provinsi D.I Yogyakarta. (pur)