Denpasar (Bisnis Bali) – Komitmen LPD dalam memajukan perekonomian desa pakraman makin terlihat nyata. Seperti LPD Desa Pakraman Kesiman yang berupaya mengembangkan usaha masyarakat melalui seminar dengan mengandeng LKP Agung beserta Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) Bali dan Kelompok Media Balipost khususnya Bisnis Bali, pada Sabtu (28/7).

Bertempat di Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu Denpasar, seminar yang bertajuk permodalan, kewirausahaan, paradigma baru kiprah perempuan Bali serta tata rias Bali, dihadiri oleh ibu PKK serta sekaa teruna dan undangan terkait lainnya. Turut hadir Pimpinan Kelompok Media Balipost, Satria Naradha yang memberi motivasi masyarakat dalam membangun ataupun mengembangkan potensi usaha yang ada di wilayah Desa Pakraman Kesiman.

Dalam seminar ini, selain menumbuhkan minat masyarakat untuk berwirausaha dengan mendatangkan mentor Dr.Dra. A.A Ayu Ketut Agung, M.M., serta Dr.A.A Ayu Ngurah Tini Rusmini Gorda, SH., M.M., M.H, juga memberikan akses permodalan yang didukung oleh LPD. Kepala LPD Desa Pakraman Kesiman, Drs. I Wayan Rayun, Mba, mengatakan, demi mendukung hal tersebut, pihaknya akan memberikan tingkat bunga yang bersaing, khususnya bagi ibu PKK serta anggota sekaa teruna yang membangun usaha.

“Kami juga memiliki fasilitas mobile, seperti e chanel yang sudah berjalan saat ini. Ini akan sangat membantu dalam usaha yang dikembangkan anak-anak muda, dengan modal android bisa berjualan pulsa,” ungkapnya.

Demikian juga permasalahan sampah yang bisa dimanfaatkan sebagai penghasilan bagi ibu-ibu PKK melalui program bank sampah yang akan dikembangkan LPD Kesiman. “Melalui program bank sampah LPD Kesiman, nantinya masyarakat bisa memperoleh penghasilan tambahan dengan mengumpulkan sampah plastik yang selanjutnya ditukarkan di LPD,” imbuhnya.

Menurutnya, penyelegaraan seminar seperti ini memberikan manfaat yang sangat besar terhadap LPD kedepannya. Hal tersebut dikarenakan kegiatan seperti ini dapat memberikan nilai lebih terhadap penguatan kelembagaan.

Di samping itu, melalui kegiatan ini sebagai upaya menggaungkan nama LPD , maka akan memberi pengaruh terhadap makin tingginya kepercayaan masyarakat. Termasuk pula mampu meningkatkan daya saing di desa pakraman.

“Tujuan kami juga mampu menciptakan masyarakat yang fanatik terhadap LPD ditengah ketatnya persaingan dengan lembaga keuangan lain,” ujarnya.

Selama ini transaksi di LPD diakui mengalami peningkatan setiap tahunnya. Banyak kegiatan masyarakat yang memanfaatkan LPD, mulai dari pelaksanaan upacara hingga kebutuhan sekolah anak-anak.

Bendesa Pakraman Kesiman, Drs. I Wayan Sukana, M.Si, memberikan apresiasi kepada LPD Kesiman yang sudah peduli terhadap masyarakat terutama dalam menjaga Bali kedepan.  Seminar yang mendatangkan ibu-ibu PKK serta sekaa teruna ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat, yang peserta tersebut merupakan ujung tombak keluarga dalam menjalankan swadarma.

“Dalam seminar ini, ruang telah disediakan mulai dari skill hingga pemodalan. Sekarang yang terpenting adalah niat dan minat masyarakat untuk mau terjun ke dunia usaha,” ungkapnya.

Dengan spirit wirausaha yang didorong oleh LPD Kesiman tentunya akan memberi kesempatan yang sangat baik bagi masyarakat. Diakuinya, selama ini LPD Desa Pakraman Kesiman sangat berkontribusi terhadap kegiatan masyarakat, mulai dari kegiatan kedukaan hingga kegiatan sosial lainnya serta memfasilitasi sarana ataupun aktivitas di wilayah Desa Pakraman Kesiman. Dikatakannya LPD sebagai pralaba desa pakraman saat ini.

Tentunya hal ini dapat mendukung keajegan Bali kedepannya melalui penguatan ekonomi desa pakraman. Demikian juga Sukana mengaharpkan masyarakat cerdas menggunakan teknologi, bagaimana bisa bersaing di era globalisasi namun tidak meninggalkan kelestaraian budaya.  (wid)