Denpasar (Bisnis Bali) – Pariwisata Bali akan dioptimalkan menggarap wisatawan mancanegara (wisman) melalui even festival budaya. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, AA. GedeYuniartha Putra Selasa (24/7) mengatakan, even budaya termasuk Pesta Kesenian Bali (PKB) bisa optimal dipromosikan untuk menggaet wisman ke Bali.

Diungkapkannya PKB telah ditutup (21/7) oleh Gubernur Bali. Ini sangat berpengaruh dengan kedatangan wisman ke Bali. Mulai 2016 PKB tiap tahunnya telah dipromosikan melalui Bali calender of event . “Yang masuk dalam Bali calender of event ini adalah kegiatan festival yang sudah mempunyai kepastian waktu pelaksanaannya,” ucapnya.

Dipaparkannya, pariwisata Bali optimal dalam pengarapan festival budaya. Kalau dipromosikan melalui media sosial tentu ini akan menjadi perhatian masyarakat dunia. Wisman yang  datang ke Bali tentu sudah mempunyai jadwal apa yang akan mereka lihat di Bali. Kedatangan wisman sejak erupsi Gunung Agung terus mengalami peningkatan ke Bali.

Menurutnya, kedatangan wisman ke Bali per hari sudah mencapai 19.000/ hari. Ini artinya wisman datang ke Bali untuk melihat budaya Bali yang menjadi icon pariwisata Bali. Ia meyakinkan eksistensi budaya Bali ini harus dijaga.  Langkah ini mesti dilaksanakan secara kosisten agar budaya Bali tidak punah.

GedeYuniartha Putra menambahkan, Bali banyak sekali mempunyai festival-festival budaya di seluruh kabupaten/kota. Pemerintah bersama pelaku pariwisata dan masyarakat terus mengembangkan festival budaya. Ini agar wisman ke Bali tidak hanya satu kali melainkan lebih dari satu kali datang ke Bali. (kup)