Singaraja (Bisnis Bali) – Saat ini pengembangan lokasi wisata berbasis pertanian makin berkembang di Kabupaten Buleleng. Di Desa Penarungan Kecamatan Buleleng milik Dr. I Gede Setiawan Adi Putra, S.P M.Si dari Kelompok Tani Angsoka ini salah satunya, yang menjadikan lahan pertaniannya sebagai wisata edukasi khususnya bagi anak – anak dan pelajar.

Selain menjadi agrowisata, tujuan mengenalkan potensi pertanian untuk mendorong kecintaan anak – anak dan pelajar terhadap bidang pertanian yang dilakukan dengan model sambil berwisata.  Pihaknya berharap selepas berkunjung dan berinteraksi langsung dengan petani, para pelajar mempunyai ketertarikan untuk berkecimpung dalam bidang pertanian.

Wisata edukasi tersebut memperkenalkan berbagai produk tanaman lokal yang sudah jarang di budidayakan seperti Labu Madu, Bunga Matahari, Kedelai Jepang (Edamame), Jeruk Santang, Miracle Fruit dan masih banyak lagi. Selain itu, pada lokasi penanaman bunga matahari pihaknya menyediakan tempat selfie.

“Kita kemas dengan cara yang unik di lengkapi dengan fasilitas – fasilitas seperti ayunan, gazebo hingga orang – orangan sawah,”jelasnya.  Selama pengenalan sudah mulai mendapat kunjungan dari Taman Kanak – Kanak bahkan rencananya akan di kunjungi oleh mahasiswa dari salah satu universitas ternama di Bali. (ira)