Semester I, LPD Bondelam Capai Laba Rp1,6 M

59

Singaraja (Bisnis Bali) – Meski diterjang lesunya perekonomian secara global dan disertai bencana Gunung Agung yang sempat mengguncang Bali, tak menjadi halangan bagi LPD Desa Pakraman Bondalem untuk meningkatkan pencapaian laba. Terbukti dengan perolehan laba yang pada semester I sudah mencapai Rp1,6 miliar.

Kepala LPD Desa Pakraman Bondalem I Nyoman Sarjana, S.E, mengatakan, target pencapaian laba hingga akhir Desember nanti Rp3 miliar. Jika dilihat dari pencapaian laba pada akhir tahun lalu (2017) hanya sampai di angka Rp2,4 miliar.

“Angka ini tentunya menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik, dan kami optimis target tercapai hingga akhir tahun nanti,” ungkapnya.

Kepemilikan aset juga menunjukkan pertumbuhan yang sangat baik. Tercatat hingga awal Juli, aset LPD Bondalem sudah mencapai Rp63 miliar, tumbuh Rp6 miliar dari tahun sebelumnya.

“Akhir tahun lalu, aset kami hanya Rp57 miliar,” jelasnya.

Selain itu, dana pihak ketiga (DPK) yang mampu dihimpun LPD Bondalem juga naik Rp6 miliar dari akhir tahun lau. Hingga awal Juli 2018, DPK yang mampu dihimpun mencapai Rp49 miliar. Demikian juga kredit, hingga awal Juli 2018 tercatat penyalurannya sudah mencapai angka Rp48 miliar. Dilihat akhir tahun lalu penyaluran kredit hanya Rp43 miliar.

“DPK tumbuh Rp6 miliar, maka kami upayakan penyaluran kredit juga mendekati angka itu, agar seimbang,” ujarnya. (wid)