I Made Kasta Perangi Narkoba dan Seks Bebas

95

PERKEMBANGAN zaman membawa dampak positif dan negatif ke berbagai sisi kehidupan, termasuk perilaku manusia. Di antaranya pergaulan bebas di kalangan generasi muda seperti penyalahgunaan narkoba, mengkonsumsi minuman keras (miras) dan seks bebas.

Menurut Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, penyalahgunaan narkoba, miras dan perilaku seks bebas merupakan masalah serius yang mengerogoti generasi muda. Padahal, masa depan bangsa ada di tangan generasi muda. Jika moral generasi muda rusak oleh perilaku negatif tersebut maka nasib bangsa ke depan akan suram.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan narkoba, konsumsi miras dan seks bebas di antaranya mental yang lemah, stres/depresi, ingin tahu dan coba-coba serta mencari sensasi dan tantangan. Ada pula faktor keluarga seperti broken home, kurangnya perhatian orang tua, terlalu memanjakan anak, serta kurangnya komunikasi dan keterbukaan antara orang tua dan anak.

“Faktor penyebab lainnya adalah salah bergaul, ikut-ikutan, iming-iming, paksaan, jebakan serta masalah ekonomi,” imbuh Kasta.

Untuk itu, di hadapan Sekaa Teruna (ST) Gema Pusaka Kabupaten Klungkung, Made Kasta mengajak generasi muda melalui ST agar serius memerangi narkoba, karena narkoba merupakan momok yang sangat berbahaya yang ditakutkan dapat merusak generasi muda. Selain narkoba, miras yang mengandung alkohol dan seks bebas juga harus dihindari karena dapat merusak mental seseorang.

“Katakan tidak pada narkoba”, tegas Made Kasta yang juga sebagai penggagas berdirinya Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Klungkung.

Pemerintah juga mempunyai program-program yang memerlukan dukungan dari ST karena seluruh program tersebut bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Itulah sebabnya peran ST sangat dibutuhkan untuk membangun Kabupaten Klungkung yang sehat bebas narkoba dimulai dari desa.

“ST saya harapkan ikut aktif memerangi perilaku pergaulan bebas karena semua itu sangat tidak bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” harapnya. (dar)