DIMINATI - Pelaku UMKM sedang mengikuti sekaligus memeriahkan kegiatan yang dibuat instansi, perusahan, organisasi dan lainnya.

Denpasar (Bisnis Bali) РPerekonomian sudah makin tumbuh. Terbukti daya beli masyarakat sudah makin meningkat.  Pemerhati pelaku UMKM, Drs. I Dewa Ngurah Dharenda, M.Si., menyebutkan, perekonomian saat ini sudah mulai tumbuh membaik. Apalagai dibuktikan perhelatan pemilihan kepala daerah belum lama ini aman, juga erupsi Gunung Agung tak mempengaruhi kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

”Kita berharap erupsi Gungung Agung tidak membahayakan lalulintas penerbangan, sehingga tidak terjadi penutupan bandara lama. Di samping itu, semua elemen masyarakat tidak membesar-besarkan isu negatif, yakin masyarakat luar akan tetap berdatangan,” kata Dharendra sambil menyebutkan kondisi perekonomian didorong aktivitas para pelaku UMKM.

Untuk tetap menumbuhkembangkan perekonomian dengan melibatkan pelaku UMKM. Selain masyarakat berkomitmen membantu pendistribusian produk unggulan yang dihasilkan UMKM. Hal ini sudah terbukti, beberapa kali kondisi perekonomian amburadul namun pelaku UMKM tetap eksis.

”Kami berharap tiap event yang digelar pemerintah, organisasi, kelompok dan perusahan untuk mengundang pelaku UMKM memeriahkan kegiatan. Seperti kegiatan jalan sehat, lomba-lomba, HUT dan lainnya agar memberikan ruang untuk UMKM mempromosikan sekaligus menjual produk unggulannya. Selain kegiatan akan lebih meriah, secara otomatis ekonomi akan tumbuh lebih baik,” tambah Dharendra.

Sementara itu, ‚ÄéKepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena, S.E.,M.Si., menegaskan, perkembangan pelaku UMKM mencerminkan peningkatan ekonomi bangsa. Sekaligus kegigihan UMKM dalam beraktivitas sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi.

Hal ini sudah terbukti setiap terjadi tragedi alam yang menyebabkan perekonomian stagnan, pelaku UMKM tetap beraktivitas dan ekonomi cepat bangkit dan pulih sedia kala. Untuk itu kekuatan UMKM dalam mendorong perekonomian sudah terbukti handal.

”Kami rutin memfasilitasi pameran bagi UMKM, karena selain memberikan pembinaan sekaligus menambah pengalaman dan test produk bagi peserta UMKM. Kami juga berharap semua elemen jika ada hajatan yang melibatkan orang banyak agar memberi ruang bagi UMKM untuk ikut memeriahkan kegiatan dengan memajang dan memamerkan produk unggulannya,” harap Erwin Suryadarma. (sta)