SUMBANGAN - Penyerahan sumbangan dana LPD Bon Dalem kepada masyarakat Dusun Celagi untuk kegiatan pelebaran jalan.

Singaraja (Bisnis Bali) – Sebagai salah satu kegiatan sosial yang telah direalisasikan, LPD Desa Pakraman Bon Dalem memberikan sumbangan kepada pelebaran jalan Batu Lempeh di Dusun Celagi. Jumlah nominal yang disumbangkan sebesar Rp1 juta.

Kepala LPD Desa Pakraman Bon Dalem, I Nyoman Sarjana, di Kantor LPD Bon Dalem, Kecamatan Tejakula, Buleleng, Kamis (19/7) mengatakan, dana diberikan berdasarkan proposal yang diajukan masyarakat Dusun Celagi beberapa waktu lalu.

“Realisasi segera kami lakukan, yang bantuan sosial seperti ini memang kami anggarkan setiap tahun,” ungkapnya.

Selain memberikan dukungan terhadap pelebaran jalan di Dusun Celagi, selama ini LPD Bon Dalem selalu berkontribusi dalam kegiatan masyarakat. Seperti kegiatan anggota Lansia, perbaikan pura Kahyangan Tiga hingga pura kelompok, kegiatan karang taruna hingga membantu masyarakat yang mendapatkan musibah.

“Untuk pembangunan pura kami memang selalu berpartisipasi, yang tidak hanya Pura Kahyangan Tiga di ruang lingkup desa pakraman, namun juga pura kelompok seperti Dadia juga kami berikan bantuan. Biasanya bantuan tersebut berdasarkan proposal yang diajukan sebelumnya,” ungkap Sarjana.

Ditambahkannya, untuk mendukung segala jenis kegiatan masyarakat tersebut, LPD Bon Dalem menganggarkan dana Rp120 juta untuk tahun ini. Disamping pula dana pembangunan sebanyak 20 persen dari laba yang langsung diserahkan kepada desa pakraman.

“Jika dana pembangunan langsung kami serahkan, yang nantinya dikelola oleh desa pakraman. Ini biasanya digunakan untuk pelaksaan piodalan di Pura Kahyangan Tiga,” tuturnya sembari menerangkan dana pembangunan yang diserahkan tahun ini sebesar Rp480 juta.

Ia berharap keberadaan LPD terus berkembang, sehingga mampu mendukung kegiatan masyarakat. Masyarakat juga diharapkan selalu mendukung LPD dengan memanfaatkan produk-produk yang dimiliki LPD untuk meningkatkan perkembangan. (wid)