BONEKA WISUDA - Salah satu kerajinan wisuda karya Rumah Flanel Singaraja.

Singaraja (Bisnis Bali) – Momentum wisuda di sejumlah perguruan tinggi kini menjadi peluang bisnis baru bagi sejumlah perajin. Salah satunya kerajinan boneka wisuda dari flannel.  Selain bunga atau handbouket, boneka ternyata menjadi sesuatu yang unik ketika dipersembahkan kepada para wisudawan atau wisudawati.

Seperti Putu Ayu Sutriningsih, perajin flannel sekaligus owner Rumah Flanel Singaraja di Banyuasri Singaraja. Ia mampu menarik konsumen dengan produk kerajinan boneka wisuda lengkap dengan aksesoris seperti toga, dasi, baju, rok hingga hijab. Keunikan ini mampu menarik pelanggan khususnya yang ingin memberikan suatu apresiasi kepada mereka yang akan diwisuda.

Sejumlah aksesoris pada boneka dibuat dari bahan flannel berkualitas sementara warna menyesuaikan keinginan pelanggan. Pengerjaan untuk satu boneka wisuda hanya membutuhkan waktu 5 – 10 menit tergantung size dan model boneka.

“Karena kita terima request customer seperti mau toganya warna pink atau dipakai baju, dasi, rok atau pun hijab jadi waktu pengerjaan menyesuaikan pesanan,”tuturnya.

Dalam sekali momen wisuda, boneka hasil karyanya mampu terjual sekitar 40 – 80 pcs. Harganya pun bervariatif tergantung ukuran dari 15 cm – 30 cm dengan harga jual mulai Rp30.000 – Rp100.000 per pcs.

“Kalau belum musim wisuda kita tetap produksi boneka wisuda namun dalam skala kecil baik untuk display di toko atau pameran kerajinan yang jelas boneka wisuda ini cukup tinggi peminat,”imbuhnya. (ira)