Denpasar (Bisnis Bali) – Kamben endek saat ini sudah membumi dan mulai dicintai oleh semua kalangan. Motif endek dari waktu ke waktu memang tak terlalu signifikan mengalami perubahan. Untuk membuat sesuatu yang baru dan lebih inovatif diciptakan endek sutra bulu.

Endek sutra bulu bisa membuat penampilan kamben endek menjadi sangat berbeda. Ni Wayan Ria Mariani, pemilik butik Cempaka mengatakan, inovasi kamben endek tersebut khusus dibuat untuk memeriahkan pesta kesenian Bali (PKB) kali ini.

“Endek sutra bulu ini kami buat dengan melakukan proses sulam terhadap kamben endek sutra yang sudah jadi. Dengan proses sulam tersebut timbul kesan pentol berbulu,” tuturnya Kamis (12/7).

Proses sulam ini memakan waktu cukup lama. Untuk satu kamben menghabiskan waktu sekitar satu bulan. Karena itu, harga jual kamben sutra bulu ini cukup tinggi yaitu sekitar Rp1,5 juta. Meski demikian, peminat kamben endek sutra bulu ini cukup tinggi di ajang PKB.

“Kalau orang datang ke PKB pasti mencari tren terbaru. Karena setiap produsen pasti meluncurkan produk terbarunya saat PKB, sehingga setiap ada produk terbaru pasti banyak peminatnya,” ucapnya. (pur)