Denpasar (Bisnis Bali) – Deretan stan perajin Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) se-Bali di ajang PKB ke-40 dapat dijumpai di sisi selatan gedung Ksirarnawa Art Centre. Stan perajin Dekranasda Denpasar tiap tahun pelaksanaan PKB dapat tetap ditemui memamerkan produk kreatif perajin Denpasar. Hingga hari ke-18 pelaksanaan PKB, stand Dekranasda Denpasar tak pernah sepi pengunjung.

“Sampai hari ke-18 pelaksanaan PKB ini yakni sampai tanggal 11 Juli ini perajin di stand Dekranasda Denpasar mampu mencapi total omset 31 juta lebih,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Denpasar, Drs. I Wayan Gatra, M.Si., Rabu (11/7).

Perajin yang terlibat berjumlah empat orang. Meliputi Basudewa, Aysea Baby,  Marya Sculpture, dan Laksmi Gopala. Keempat perajin ini merupakan bagian dari 62 UMKM yang lulus seleksi dari 77 perajin yang mengajukan proposal ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar.

Selain empat perajin ini sebanyak 30 UMKM/IKM di sektor fashion, Herbal sebanyak 9 UMKM, kerajinan perak, sandal sebanyak 23 UMKM ikut ambil bagian dalam PKB kali ini. Di samping mengikuti ajang pameran, Kota Denpasar juga melibatkan Duta Endek Denpasar dalam parade pembukaan PKB dengan busana lelunakan. Hal ini diharapkan dapat melakukan promosi keberadaan endek Denpasar yang karya warna dan motif kepada khalayak banyak.

“Kami berharap dalam pameran PKB, perajin Denpasar dapat terus meningkatkan produksi serta inovasi produk ke depan,” ujarnya. (sta)