Varian mobil murah atau low cost green car (LCGC) ternyata mencatatkan penjualan yang menggembirakan selama semester 1 2018. Apa penyebabnya?

SELAMA semester 1 2018, produk LCGC menjadi penyumbang terbesar penjualan produk otomotif di Bali. Menurut Kepala Cabang Auto 2000 Denpasar, Haris Prasetya, hampir 40 persen dari penjualan produk di Auto 2000 didominasi oleh produk LCGC. “Total penjualan kami pada semester 1 2018 mencapai 1.798 unit, yang sekitar 39 persen didominasi varian LCGC,” ujarnya.
Lanjutnya, penjualan LCGC-nya dari 2 varian mencapai 708 unit, yakni varian Agya laku 429 unit (24 persen) dan varian Calya laku 278 unit (15 persen).
“Varian LCGC sekarang sudah menjadi kebutuhan untuk kendaraan yang compact, yang irit BBM tetapi juga memiliki fungsi yang sama dengan varian SUV dan MPV,” ungkapnya.
Selain kedua jenis produk tersebut, Haris mengatakan, penjualan varian SUV yakni New Rush juga mencatatkan penjualan cukup tinggi, yakni mencapai 672 unit (37 persen, yang disusul produk commercial car yakni Hiace  yang mencapai 122 unit, dan sisanya varian truk Dyna, sedan, Alphard dan Toyota FT 86.
Adapun alasan adanya peningkatan produk commuter ini karena industri pariwisata di Bali belakangan ini cenderung stabil, sehingga kebutuhan angkutan wisata di Bali cukup tinggi. “Tren wisata bergrup memang meningkat, sehingga kebutuhan angkutan wisata, seperti mobil commuter sejenis Toyota Hiace mengalami peningkatan yang signifikan,” terangnya.
Untuk proyeksi semester 2 2018, Haris mengatakan, pihaknya optimis penjualan akan lebih tinggi lagi, dan target penjualan selama 2018 tercatat 4.000 unit akan tercapai. “Tahun lalu kami mampu melampaui target dengan penjualan 3.547 unit, sedangkan target kami 3.500 unit,” tandasnya.
Hal senada diungkapkan Manajer Honda Denpasar Agung, Maniki Djaw. “Daya beli masyarakat masih cukup tinggi, khususnya untuk produk LCGC dan produk otomotif terbaru,” ujarnya.
Lanjutnya, varian LCGC serta mobil perkotaan atau city car dan SUV mendongkrak penjualannya selama semester I 2018.
Menurutnya, pasar LCGC dan city car menjadi salah satu segmen terbesar di pasar otomotif tahun ini. “Kedua produk kami di segmen ini, yakni Brio Satya dan New Jazz masih dapat memberikan kontribusi besar terhadap penjualan secara keseluruhan, yakni rata-rata laku ratusan unit per bulan. Kami optimistis  dapat mempertahankan penjualan yang positif tahun ini,” ungkapnya. (aya)