istSTT - Wabup Suiasa saat menghadiri HUT ke-32 Sekeha Teruna Teruni (STT) Dira Dharma Br. Lebah Sari, Desa Gulingan, Sabtu (7/7) lalu. 

Mangupura (Bisnis Bali) – Sekeha Teruna Teruni (STT) Dira Dharma Br. Lebah Sari, Desa Gulingan, Mengwi memperingati HUT ke-32 serta pelantikan kepengurusan periode 2018-2020. Acara ini dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Wakil Ketua DPC PDIP I Bagus Alit Sucipta (Gus Bota) anggota DPRD Badung I Made Oka Suadnyana, beserta Muspika Kecamatan Mengwi, Perbekel Gulingan I Made Sudarsana, Bendesa Adat Gulingan I Nyoman Danu, Kelian Dinas Br. Lebah Sari I Nyoman Wenten, Kelian Adat I Gst Putu Keladian dan para kelian dinas dan adat yang ada di Desa Gulingan serta tokoh masyarakat, bertempat di Balai Br. Lebah Sari, Desa Gulingan, Sabtu (7/7) lalu.
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan HUT ke-32 STT Dira Dharma. Ke depannya pemerintah akan memikirkan agar dapat meningkatkan perhatian terhadap keberadaan organisasi STT untuk ikut berperan dalam pelaksanaan adat serta mengajegkan Tri Hita Karana. Keberadaan organisasi STT medasar para yowana baik laki maupun perempuan yang belum menikah dan merupakan organisasi tradisi yang akan ikut membantu swadarmaning guru rupaka di bebanjaran maupun di desa adat dan dapat dipakai untuk pembelajaran diri untuk melakukan ayah-ayahan kedepannya. Karena itu, diharapkan para tokoh masyarakat agar ikut membantu dan memberikan tuntunan dalam penyusunan program kerja STT tersebut. Suiasa juga mengajak generasi muda untuk bersatu guna mewujudkan kabupaten Badung yang Landuh, TataTentrem, Kertha Raharja. Dalam kesempatan itu juga, Wabup Suiasa didaulat menandatangani Piagam Mars dan Hymne karya STT Dira Dharma. Untuk mendukung pelaksanaan HUT ini, Suiasa memberikan bantuan Rp25 juta, serta dana motivasi Rp 5 juta dari I Bagus Alit Sucipta.
Sementara itu Ketua STT Dira Dharma, I Putu Natih Satria melaporkan, HUT STT Dira Dharma ke-32 mengambil tema “Swadharmaning Yowana Mauttama” yang memiliki arti bagaimana kewajiban utama sebagai generasi pemuda. Jumlah anggota STT 129 orang terdiri atas 62 laki-laki dan 67 perempuan. Serangkaian kegiatan dalam menyambut HUT ke-32 telah dilaksanakan berbagai kegiatan olah raga, di antaranya jalan santai, tarik tambang, voli, futsal, lari kelereng, makan kerupuk, mencari koin dalam tepung, ngejuk lindung dan ngejuk memeri. Disampaikan juga atas anjuran Bupati Badung, diharapkan setiap STT di Kabupaten Badung wajib memiliki mars dan hymne. “Setelah kami mendapatkan masukan dari tokoh masyarakat serta konseptor mars dan hymne, maka lahirlah hymne yang berjudul Jayaninggrat Dira Dharma dan Mars Dira Dharma yang berjudul Dira Dharma Jaya,” terangnya.

Atas nama Sekaa Teruna Teruni Dira Dharma, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang dipimpin Bupati Giri Prasta dan Wabup Suiasa yang selalu mendukung kegiatan sekeha teruna. “Kami sekeha teruna berkomitmen untuk mendukung semua program Pemkab Badung, ” jelasnya. (sar/adv)