’’Deldel Sela Sawi” Jajanan Tradisional yang Melegenda

19
Deldel Sela Sawi kuliner khas Bali.   (ira)

Singaraja (Bisnis Bali ) –  Salah satu kuliner khas Bali yang hingga kini tetap populer adalah, Deldel Sela Sawi. Kuliner ini seiring zaman hampir terlupakan, namun di tangan seorang pebisnis, kuliner ini kembali populer dan memiliki banyak penggemar. Ciri khas Deldel Sela Sawi ini adalah, tekstur yang lembut dipadukan dengan gula merah cair dan parutan kelapa.

Proses pembuatan Deldel Sela Sawi ini tidaklah sulit, hanya dengan memarut singkong hingga menjadi adonan dan halus lalu dicampur dengan sedikit garam, kemudian dibentuk hingga pipih (Deldel-red). Setelah itu, melalui proses kukus hingga berwarna bening dan mengeluarkan aroma gurih. Sajikan selagi hangat dengan gula merah cair dan parutan kelapa segar. “Dulu jajanan ini sangat populer, namun sekarang sedikit yang membuatnya. Jadi, saya punya ide untuk mempopulerkan kembali,”tuturnya.

Kuliner yang satu ini bisa dijumpai di Desa Pancasari Kecamatan Sukasada Buleleng di Warung Djaja Laklak, milik I Gede Rena Purdiasa atau akrab di sapa De Renggo. Dikatakan, semenjak di populerkan kembali dengan khas penyajian yang lebih modern, Deldel Sela Sawi justru banyak memiliki penggemar, tidak hanya dari masyarakat lokal bahkan hingga wisatawan mancanegara. Dalam sehari puluhan porsi laris terjual, karena selain enak kuliner ini juga murah meriah hanya dijual dengan Rp 5000 per porsi, terjangkau untuk kantong semua kalangan. (ira)