Lomba Dayung Pedau Singa jadi Daya Tarik Pengunjung

16
Lomba Dayung Pedau Singa dalam gelaran Twin Lake Festival (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Gelaran Twin Lake Festival 2018 disamping menampilkan pameran industri juga dimeriahkan berbagai lomba yang melibatkan OPD dan juga masyarakat. Seperti Lomba Dayung Pedau Singa yang menjadi ajang paling bergengsi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung lokal dan wisatawan mancangera.

Perlombaan pedau atau perahu singa pada hari kedua pagelaran Twin Lake Festival diselenggarakan di Danau Buyan dan diikuti 33 tim yang terdiri dari 31 tim dari SKPD lingkup Pemkab Buleleng, dan 2 tim dari organisasi nelayan dan kepemudaan.

Dalam perlombaan ini, panitia menyiapkan tiga unit pedau singa dengan perlengkapannya, dan sarana pendukung seperti tim medis. Hal ini dilakukan untuk menjamin para peserta yang mengikuti perlombaan ini. Lomba pedau singa ini dibuka Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG.

Ketua Panitia Ir. Made Arnika menjelaskan, lomba ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik wisata alam di kawasan Danau Buyan dan Tamblingan. Selain itu, perlombaan ini juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan wisatawan untuk turut menjaga kelestarian alam danau Buyan dan Tamblingan.

“Ini menjadi tambahan kegiatan wahana danau untuk menunjang pariwisata,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra, sangat menyambut baik kegiatan lomba pedau singa ini. Menurutnya, lomba ini bisa menciptakan semangat, kerjasama, dan kekompakan di dalam tim yang bisa memberikan efek dalam kinerja. Selain itu, Sutjidra juga mengatakan lomba ini cukup membanggakan karena hanya Buleleng yang memiliki lomba dayung pedau singa di Bali. (ira)