Bank Akui Bunga Deposito Naik

220

Mangupura (Bisnis Bali) ā€“Ā Kalangan bankir mengakui bunga deposito telah mengalami kenaikan sebelum Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan menjadi 5,25 persen. Ke depannya, bank belum segera menaikkan kembali bunga deposito sambil melihat kondisi di lapangan.

Senior Vice President Bank Mandiri Regional XI Bali dan Nusa Tenggara, Rully Setiawan di Jimbaran, Jumat (6/7) mengatakan, per 30 Mei 2018, bunga deposito naik sedikit menjadi 5,5 persen dari 5 persen untuk tenor 3 bulan. Naiknya bunga deposito seiring tingginya animo masyarakat menyimpan dananya dalam bentuk deposito.

Sementara pengaruh kenaikan bunga BI 7 day reverse repo rate 50 basis poin terhadap bunga kredit di bank BUMN tersebut, Rully menerangkan, sesuai amanat Direktur Utama Bank Mandiri saat memberi sambutan pada pembukaan seminar reformasi pajak di Jakarta pada 25 Juni, bunga pinjaman belum perlu menyesuaikan. Bank menahan suku bunga kredit guna tetap mendorong permintaan kredit.

ā€œSaya rasa untuk kredit masih dengan semester II ini kita masih ada room tetap dengan suku bunga yang sama,ā€ ujarnya.

Diakuinya, kendati bank belum menaikkan bunga kredit optimis kinerja masih bisa tumbuh dengan cara efisiensi, biaya-biaya dan kegiatan yang tidak begitu penting akan diseleksi untuk dapat meningkatkan margin. Selain itu bank juga terus beruapa menekan tingkat non-performing loan (NPL) atau kredit macet. (dik)