Singaraja (Bisnis Bali) – Memasuki tahun ajaran baru 2018/2019 permintaan seragam sekolah di sejumlah toko pakaian di Buleleng mengalami peningkatan hingga 100 persen. Bahkan permintaan tahun ini lebih banyak daripada tahun lalu. Hal itu diungkapkan owner Toko Amanda suport by R.Cemerlang Garment, Kadek Yuni Kristiasari di kawasan Penarukan Singaraja Rabu (4/7) siang.

Berdasarkan pantauan Bisnis Bali tampak konsumen yang mayoritas konsumen pribadi datang bersama dengan putra putrinya hendak mencari seragam sekolah, serta kelengkapan sekolah lainnya untuk anak mereka.

“Konsumen atau pelanggan perhari rata–rata mencapai puluhan dibandingkan hari biasanya ada yang langsung bawa anak-anaknya ada juga yang membawa baju seragam yang lama sebagai contoh,”tutur Yuni.

Peningkatan yang signifikan ini dirasakan satu minggu sebelum liburan sekolah usai. Baik seragam untuk tingkat SD,SMP hingga SMA.

“Penjualan seragam sekolah jika dibandingkan dari tahun lalu meningkat 100 persen dan peningkatan itu dirasakan H-5 sekolah,” jelasnya.

Peningkatan permintaan kelengkapan sekolah juga terjadi pada tas sekolah model gendong yang lebih diminati anak – anak. Dengan model yang beragam tas gendong mengalami peningkatan permintaan hingga 40 persen dari hari biasanya.

“Tas gendong cenderung dipilih kalau warna mendominasi warna hitam ada juga yang berwarna soft seperti pink, biru dan coklat,”imbuhnya. (ira)